facebook

Inilah 5 Manfaat yang akan Kamu Dapatkan Jika Rajin Menulis

Andini Mayangpuri
Inilah 5 Manfaat yang akan Kamu Dapatkan Jika Rajin Menulis
Ilustrasi menulis menggunakan laptop. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menulis merupakan salah satu hobi yang banyak digandrungi di kalangan masyarakat. Sebab, menulis merupakan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja tanpa adanya batasan usia. 

Ditambah dengan adanya kemudahan akses internet, serta menjamurnya media sosial maupun platform menulis online, kini menyalurkan hobi menulis menjadi semakin mudah untuk dilakukan.  

Akan tetapi, ditengah semua kemudahan itu, tak jarang rasa malas dan kehilangan motivasi untuk menulis muncul. Agar membangkitkan kembali semangat menulis yang tengah padam, yuk simak 5 manfaat yang akan didapatkan jika kamu membangun kebiasaan menulis!

1. Mengeskpresikan Diri

Sumber: Unsplash
ilustrasi bahagia. (Unsplash)

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengekspresikan diri. Dan menulis merupakan salah satu cara yang dapat kamu pilih. Karena kepribadian, karakter, dan pemikiran seseorang dapat terlihat dari karya-karya tulisnya.

Misalnya, jika kamu memiliki pendapat terkait sebuah isu yang sedang hangat diperbincangkan, maka kamu dapat mengekspresikan pendapat tersebut melalui sebuah tulisan. Dengan cara seperti itu, siapapun yang membaca tulisanmu akan mengetahui bagaimana pendapatmu tentang isu tersebut.

2. Menyalurkan Emosi

Sumber: Unsplash
ilustrasi emosi. (Unsplash)

Tak dapat dipungkiri bahwa manusia merupakan makhluk yang dapat merasakan berbagai macam emosi. Perasaan sedih, kecewa, takut, dan marah akan berakibat negatif apabila tidak dikelola dengan baik. Maka dari itu, dibutuhkan sesuatu yang bisa menjadi tempat untuk menyalurkan seluruh emosi dengan baik. Sehingga, rangkaian kata yang kamu tulis dapat menjadi sarana untuk menyalurkan semua perasaan yang tengah dirasakan. 

3. Mengasah Kreatifitas

Sumber: Unsplash
ilustrasi kreatif. (Unsplash)

Ketika menulis, maka kamu akan menggunakan kreatifitas untuk dapat merangkai kata demi kata hingga menjadi sebuah tulisan yang memiliki makna. Entah itu tulisan fiksi maupun non fiksi, semuanya memerlukan kreatifitas dalam proses pembuatannya. Dengan demikian, semakin sering menulis, maka semakin terasah pula kreatifitasmu.

4. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Sumber: Unsplash
ilustrasi berpikir. (Unsplash)

Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam proses menulis. Misalnya, saat membuat artikel, esai, atau tulisan opini, maka kamu dituntut untuk memiliki pemikiran yang tajam dan kritis agar tulisan yang dihasilkan memiliki value yang baik.

Hal yang sama juga berlaku saat kamu tengah menulis cerita pendek. Meskipun cerpen termasuk tulisan fiksi, tetapi tetap saja dalam proses pembuatannya memerlukan pemikiran yang logis dan kritis agar cerpen yang dihasilkan dapat menarik dan menggugah emosi pembaca.

Maka seiring berjalannya waktu, kemampuan berpikir kritis itu akan meningkat jika kamu membiasakan diri untuk menulis.

5. Mendapatkan Penghasilan

Sumber: Unsplash
ilustrasi uang. (Unsplash)

Saat ini, ada banyak media cetak maupun media elektronik yang mencari tulisan untuk mereka muat di koran, majalah, maupun situsnya. Dengan banyaknya peluang yang ada, kamu bisa mengirim tulisan ke media cetak maupun ke situs-situs website yang menyediakan honorarium untuk setiap tulisan yang dimuat. Sehingga kamu bisa menghasilkan uang dari hobi menulis yang kamu tekuni.

Itulah 5 manfaat yang akan kamu dapatkan apabila membangun kebiasaan menulis dengan rajin. Jadi, sekarang tidak ada alasan lagi untuk berhenti menekuni hobi menulis, bukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak