facebook

5 Macam Teka-teki Matematika yang Sering Muncul di Internet

Bagus Sudewo
5 Macam Teka-teki Matematika yang Sering Muncul di Internet
Ilustrasi Angka (pexels.com)

Persoalan matematika tidak hanya ditemui pada ujian akademik, banyak juga teka-teki matematika (math riddles) yang muncul di internet. Memecahkan suatu teka-teki bermanfaat untuk mengasah otak. Ada beragam teka-teki yang muncul yang bisa kita kategorikan, apa saja sih kategorinya? Berikut diantaranya telah dirangkum 5 macam teka teki matematika yang sering muncul di internet.

1. Teka teki item gambar

Teka-teki matematika pertama yaitu teka-teki item gambar. Kalian pasti sudah sering melihat ini di internet. Bahkan hampir semua brand atau merek menggunakan teka-teki ini di konten sosial media mereka. Teka-teki ini sebenarnya adalah teka-teki aljabar dalam matematika. Kalau di buku teks matematika itemnya berupa huruf seperti x, y, dan z, sedangkan yang banyak muncul di internet itemnya diganti dengan gambar visual suatu barang atau suatu benda agar terlihat menarik.

Pecahkan teka teki jenis ini dengan konsep persamaan aljabar. Kamu perlu mencari nilai setiap unit item, seringnya ada tiga item yang tersedia. Jika telah menemukan nilai setiap item, kamu pasti bisa menghitung persamaan terakhir.

2. Menghasilkan angka yang diinginkan

Pada teka-teki ini diberikan sejumlah seri angka sebagai input dan juga diberikan suatu angka sebagai output. Ketika menemui teka-teki ini, kamu perlu mengoperasikan bilangan input untuk menghasilkan bilangan output yang ditentukan. Pada teka-teki ini kamu harus cermat mengotak-atik urutan proses operasi bilangan.

3. Operasi Aritmatika

Teka-teki selanjutnya merupakan teka-teki aritmatika. Pada teka-teki ini tidak sedikit orang yang menjawab salah. Orang-orang mungkin lupa proses berhitung berbagai macam operasi bilangan dengan benar. Karena pada dasarnya teka-teki ini menguji pengetahuanmu tentang proses urutan berhitung operasi campuran bilangan bulat. Kamu tentunya perlu ingat dalam operasi campuran, ada operasi bilangan yang harus didahulukan dibanding lainnya.

4. Pola Matematika

Pada teka-teki ini diberikan suatu formasi bilangan di mana kamu harus menebak pola bilangan yang muncul. Karena jawaban bilangan yang ditanyakan itu juga mengikuti pola yang ada. Teka teki ini sering muncul dalam bentuk barisan bilangan. Di sini kamu harus jeli melihat pola-pola yang mungkin. 

5. Teka teki korek api

Pada teka-teki ini disusun sejumlah korek api membentuk suatu penjumlahan dan pengurangan dengan format yang salah. Kamu harus memindahkan satu atau dua korek api untuk membentuk penjumlahan atau pengurangan yang benar. Di sini kemampuan visual dan kemampuan matematika diuji secara bersamaan. Kemampuan visual membuatmu bisa membayangkan formasi korek api yang membentuk angka tertentu, di sisi lain kamu juga harus memikirkan operasi penjumlahan dan pengurangan yang benar.

Itulah 5 macam kategori teka teki matematika yang sering muncul di internet. Hayo! kamu jadi bisa mengenalinya kan? Teka teki yang mana sering kamu temui?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak