facebook

Perbedaan Mendasar antara Wibu dan Anime Lovers

Ibnuh Sulaiman
Perbedaan Mendasar antara Wibu dan Anime Lovers
Ilustrasi Event Jejepangan (Pexels/mentatdgt)

Dalam dunia peranimean, ada dua istilah yang populer dikalangan pencinta animasi Jepang. Yakni Wibu dan Anime Lovers. Ada yang menganggap bahwa keduanya sama saja dan tak jauh beda artinya. Padahal, walaupun keduanya sama-sama ada erat kaitannya dengan hobi anime, tetap saja antara istilah Wibu dan Anime Lovers tetaplah berbeda. 

Sama ketika kalian ditanya apa perbedaan antara kopi hitam dan kopi susu? Dua-duanya memang sama-sama kopi, tapi lain rasa. Nah begitu juga dengan Wibu dan Anime Lovers, sama-sama ada hubungannya dengan anime, tapi berbeda pengertian. Banyak yang salah kaprah mengartikan arti dari keduanya, apalagi arti dari Wibu. Sehingga muncul anggapan bahwa orang yang suka menonton anime dianggap Wibu. Padahal, kendati tidak demikian. Lantas apa bedanya? Mari simak penjelasan berikut ini:

Wibu (Weeaboo)

Sumber : Pixabay (jcarloshep0)
Ilustrasi Wibu (Pixabay/jcarloshep0)

Weeaboo atau jika kalian ucapkan dalam bahasa Indonesia, menjadi kata Wibu. Di mana Wibu ini, punya konotasi kata yang agak negatif di internet. Dikutip dari urbandictionary, Wibu atau istilah lainnya adalah Japanofilia merupakan "A person who retains an unhealthy obsession with Japan and Japanese culture, typically ignoring or even shunning their own racial and cultural identity" atau artinya adalah orang yang punya obsesi berlebihan terhadap negara Jepang serta kultur budayanya sehingga melupakan identitas kultur mereka sendiri. 

Istilah Wibu ini diperuntukkan untuk orang non-Jepang yang punya obsesi berlebihan terhadap budaya Jepang yang telah disebut di atas. Sebenarnya sah-sah saja apabila suka dengan budaya Jepang. Namun, jika sampai rasa suka tersebut menghilangkan budaya sendiri, itulah yang tidak wajar. Terkadang anak Wibu sering menggunakan kosa kata Jepang yang diketahuinya ke dalam bahasa percakapan sehari-hari seperti Watashi, Kawaii, Desu, Chan, dan lainnya. 

Belajar budaya, bahasa, dan menonton anime Jepang tidak membuat seseorang dikatakan Wibu selama ia masih memegang erat budayanya sendiri serta tidak terobsesi berlebihan terhadap kultur Jepang. Biasanya penyebab orang menjadi Wibu adalah salah satunya lewat jalur anime yang biasa ditontonnya. Tapi, bukan berarti semua orang yang menonton anime dikatakan Wibu. Bisa saja mereka menonton karena suka dengan jalan cerita atau visual animasinya yang indah. Untuk menghindari judge wibu terhadap orang yang suka menonton anime karena alasan tadi, maka muncullah istilah Anime Lovers.

Anime Lovers

Sumber : Unsplash (Marilia Castelli)
Ilustrasi nonton anime (Unsplash/Marilia Castelli)

Jika kalian pernah mendengar istilah seperti Cat Lovers, Bird Lover, Dog Lovers, dan istilah lain-lainnya yang punya akhiran "Lovers" di belakangnya, yang mempunyai arti sebagai Pecinta. Nah, Anime Lovers ini jika kita terjemahkan artinya ialah Pecinta Anime. Anime Lovers adalah sebutan bagi orang yang suka sekali menonton anime. Entah itu semua genre maupun hanya sebagian saja yang ditontonnya. Tidak hanya sampai suka menonton saja, para Anime Lovers juga akan suka apabila berbicara seputar anime, update seputar informasi anime baru, dan berbagai kepentingan lainnya yang berhubungan dengan dunia anime.

Kemudian, apa alasan orang bisa menjadi Anime Lovers? Sebetulnya, Anime Lovers ini selayaknya sebuah hobi. Seperti hobi nonton, hobi masak, hobi olahraga dan hobi lainnya. Sebuah hobi sudah pasti didasarkan atas rasa suka dan gemar dalam melakukan suatu hal. Jadi, kalau ditanya soal alasanya, mungkin akan beragam bagi tiap orang.

Nah, jadi itulah perbedaan mendasar antara Wibu dengan Anime Lovers dalam universe anime. Menurut kalian, setelah membaca artikel ini apakah bagi kalian antara arti dari Wibu dengan Anime Lovers tetap sama ataukah berbeda? Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak