facebook

5 Rekomendasi Hewan yang Bisa Dipelihara Anak Kos, Enggak Ribet dan Aman!

Rania Erin Oktiara
5 Rekomendasi Hewan yang Bisa Dipelihara Anak Kos, Enggak Ribet dan Aman!
Ilustrasi marmut. (Pixabay.com/Katya36)

Anak kos pecinta binatang pasti akan merasakan kesepian saat tidak membawa hewan peliharaannya tinggal bersama. Namun, kondisi ruang kos yang terbatas dan sering ditinggal juga bisa membuat pemilik merasa was-was ketika meninggalkan hewan peliharaan di dalam kamar.

Tetapi semua itu kembali lagi seberapa luas kamar kos dan fasilitas yang disediakan di kamar. Sehingga, hewan peliharaan bisa hidup dengan layak di kamar.

Nah, berikut ada rekomendasi hewan peliharaan anak kos yang cocok dijadikan teman di kamar dan aman.

1. Ikan hias

Anak kos bisa memelihara ikan hias seperti guppy, molly, neon tetra, tiger fish, dan jenis ikan hias lainnya yang berukuran kecil. Jenis ikan hias seperti itu harus membutuhkan aerator supaya sirkulasi udara dalam air baik dan ikan tidak kehabisan oksigen.

Kalau tidak mau membutuhkan peralatan yang lebih, kamu bisa memelihara cupang. Cupang merupakan ikan air tawar yang bisa hidup tanpa aerator.

Memelihara ikan hias sangat mudah dan tidak perlu memakan banyak tempat. Kecukupan makan ikan dan kebersihan perlu dijaga agar tidak bau amis.

2. Hamster

Hamster biasanya sering dipelihara anak kos karena mudah perawatannya. Letakkan hamster di kandang non kerangka besi dan pastikan sirkulasi udara kamarmu baik. Siapkan makan, minum, dan mainan untuknya. Jangan lupa untuk mengganti pasir agar kamar tidak bau pesing.

3. Kucing/anjing

Memelihara kucing atau anjing ini tergantung luas kamar kos. Apabila kamar kosmu cukup luas dan fasilitasnya memadai seperti ada AC, jendela dengan sirkulasi udara yang baik, maka boleh-boleh saja asalkan kamu bisa bertanggung jawab. Hal ini dikarenakan memelihara kucing atau anjing di kos perlu telaten dan hati-hati karena ia banyak gerak.

4. Marmut

Marmut sama seperti hamster hanya saja ukurannya lebih besar, sehingga juga memerlukan kandang yang lebih besar pula nantinya. Perawatannya sama seperti hamster. Hewan ini penyuka sayur dan biji-bijian sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk makanannya.

5. Burung

Apabila kosmu ada balkon atau teras lantai atas, maka kamu bisa memelihara burung yang ukurannya tidak terlalu besar. Kamu juga bisa meletakkannya di kamar apabila kamarmu cukup luas dan kebersihannya terjamin. Hal ini dikarenakan bau kotoran burung sangat mengganggu dan perlu ketelatenan untuk merawatnya.

Perawatan setiap burung juga berbeda-beda. Lebih baik sebelum memutuskan untuk memelihara, ketahui dahulu kebutuhan dan cara pemeliharaannya yang benar. Namun bagi pecinta burung, semua itu akan terasa aman-aman saja.

Nah, itu dia 5 rekomendasi hewan peliharaan anak kos yang aman dan engga ribet.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak