facebook

Hindari Melakukan 5 Hal Ini saat Menulis Novel, Bisa Pengaruhi Karya

Desyta Rina Marta Guritno
Hindari Melakukan 5 Hal Ini saat Menulis Novel, Bisa Pengaruhi Karya
Ilustrasi penulis novel (Pexels/Lisa Fotios)

Selain memperhatikan tips-tips menulis novel agar karyamu baik, kamu juga perlu tahu hal-hal apa saja yang sebaiknya dihindari saat menulis novel. Mengapa dihindari? Saat proses penulisan novel, apa saja yang kita lakukan bisa berpengaruh pada karya yang kita ciptakan termasuk mood kita saat menulis. 

Jadi, apa saja yang mestinya kita hindari saat menulis novel? Berikut ulasannya.

1. Memaksakan Diri saat Terkena Writer’s Block

Pada saat kamu terkena writer’s block, tidak perlu memaksakan diri untuk terus menulis. Lebih baik kamu fokus memperbaiki mood agar bisa cepat pulih. Mengapa demikian? Karena saat writer’s block datang, biasanya ide benar-benar sulit dicari dan apabila dipaksa malah membuat tulisanmu jadi tidak maksimal.

2. Menulis saat Mood Tidak Baik

Berhentilah menulis apabila kamu sedang dalam mood yang tidak baik, misalnya kamu sedang kesal dengan seseorang atau sedih. Rasa kesal tersebut secara tidak langsung akan tertuang dalam tulisanmu baik tersirat maupun tersurat. Bagaimana jika bagian yang seharusnya bahagia jadi terasa sedih akibat pengaruh dari moodmu? Jadi, tidak perlu dipaksa, ya.

3. Ragu-ragu

Jangan pernah ragu dengan tulisan sendiri, kamu harus yakin dengan apa yang akan kamu tuangkan. Keraguan dalam diri sendiri akan memengaruhi tulisan menjadi kurang maksimal. Bila masih ada ragu, cobalah untuk menghilangkan keraguan tersebut dengan mencari cara untuk memperbaikinya.

4. Tidak Membuat Outline

Untuk memudahkan serta menjaga cerita tetap dalam satu alur, usahakan untuk membuat outline setiap beberapa bab sekali. Terutama untuk kamu yang  pemula, membuat outline ini banyak membantu kamu saat proses penulisan novel.

5. Tidak Ada Riset

Tanpa adanya riset, kamu akan merasa tidak yakin dengan tulisanmu sendiri. Alhasil, tulisan yang kamu hasilkan juga bakal terasa setengah-setengah. Sedikit banyak, lakukanlah riset tentang hal-hal kecil dalam novelmu. Seperti nama tempat, kondisi suatu masyarakat, dan lain-lain. Dengan begitu pembaca akan semakin terbawa suasana novel yang kamu suguhkan.

Itulah 5 hal yang sebaiknya dihindari saat menulis novel, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak