facebook

Trik Menanam Sirih Gading Tanpa Media Tanah, Ternyata Mudah!

Chrisna Chanis Cara
Trik Menanam Sirih Gading Tanpa Media Tanah, Ternyata Mudah!
Ilustrasi Sirih Gading.[Pexels.com/Karolina Grabowska]

Tanah adalah media utama apabila kita ingin bercocok tanam. Namun teknik berkebun di masa kini memungkinkan banyak media lain yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana menanam, salah satunya air. Salah satu tanaman yang dapat dikembangbiakkan dalam air adalah pothos atau sirih gading.

Bahkan menanam sirih gading dengan air bisa memiliki pertumbuhan lebih cepat daripada tanah. Hal ini apabila air ditambah dengan pupuk organik cair (POC). Lalu bagaimana cara menanam sirih gading tanpa media tanah? Berikut ini ulasannya seperti dilansir dari Gardeningknowhow.com:

1. Siapkan Wadah

Anda dapat memilih wadah kaca atau plastik yang beningg untuk tempat menanam sirih gading dengan media air. Hal ini agar Anda dapat memantau sejauh mana pertumbuhan akar. Selain itu, wadah yang bening lebih indah dipandang karena terkesan alami.

Anda tak perlu membeli wadah baru untuk menanam sirih gading. Anda bisa memanfaatkan botol bekas yang berbentuk unik untuk tempat sirih gading Anda.

2. Persiapan Tanaman

Anda dapat mengembangbiakkan sirih gading dengan memotong dari tanaman yang sudah dewasa. Setelah dipotong, buang daun bagian bawah untuk mengantisipasi pembusukan apabila terkena air. Selain itu, memotong daun bawah dapat menghemat nutrisi untuk tanaman sehingga pertumbuhan daun bisa lebih cepat.  

3. Memilih Media Air

Setelah menyiapkan tanaman, pilihlah air yang cocok untuk media sirih gading. Disarankan mengisi wada dengan air keran atau air yang mengandung klorin. Biarkan dulu selama satu hingga dua hari sebelum Anda memasukkan tanaman ke dalam air. Hal ini agar bahan kimia menguap.

4. Tambahkan Pupuk Cair

Anda dapat menambahkan pupuk cair ke dalam air agar pertumbuhan sirih gading bagus. Disarankan menggunakan pupuk organik cair yang bisa Anda buat sendiri dari bahan sampah organik. Anda cukup meneteskan sedikit pupuk cair untuk menunjang perkembangan akar.

5. Pemilihan Lokasi

Sirih gading dengan media air akan tumbuh lebih baik apabila mendapatkan sinar matahari. Letakkan tanaman tersebut di tempat yang mendapatkan akses cahaya meskipun tidak langsung. Namun hindari menjemur sirih gading di tempat yang terlalu panas. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan serta membuat daun menjadi cokelat atau kuning karena terbakar oleh sinar matahari.

6. Rutin Mengganti Air

Gantilah air yang ada di wadah setiap dua hingga tiga pekan atau setiap kali air terlihat payau atau kotor. Penggantian air ini juga mengantisipasi munculnya jentik-jentik nyamuk di dalam air. Kemudian, gosoklah wadah dengan kain atau sikat gigi untuk menghilangkan ganggang yang mungkin menempel.

Itu dia trik menanam sirih gading dengan media air. Semoga membantu ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak