facebook

3 Tips Menulis Copywriting bagi Pemula, Super Mudah, Loh!

Hafsah Azzahra
3 Tips Menulis Copywriting bagi Pemula, Super Mudah, Loh!
Ilustrasi Menulis Copywriting (Pexels/Tirachard Kumtanom)

Copywriting adalah jenis tulisan non fiksi yang bersifat persuasif guna menarik minat calon pembeli untuk membeli suatu barang atau jasa. Bagi sebagian orang, copywriting mungkin terlihat sulit. Hal ini bisa terjadi karena jenis tulisan ini masih asing dan belum mengenal jenis tulisan ini sebelumnya. Mungkin bagi sebagian orang, mereka lebih akrab dengan jenis tulisan fiksi seperti cerpen maupun novel.

Namun, tahukah kamu? Bahwa sebenarnya kita juga dekat sekali dengan jenis tulisan berupa copywriting, lo!

Copywriting biasanya ada atau muncul di brosur-brosur iklan, iklan facebook, maupun website di laman pencari Google. Hanya saja, mungkin selama ini kamu belum menyadarinya.

Menulis copywriting sama sekali tidak sulit. Bahkan jika kamu berada di level pemula sekalipun. Sudah banyak ahli di bidang ini yang membagikan ilmunya di media sosial. Sebelum mulai menulis, kamu harus memahami terlebih dulu copywriting itu sendiri.

Berikut ada 3 tips mudah yang bisa kamu terapkan dalam memulai belajarmu.

1. Cari Beberapa Sumber Agar Bahan Belajarmu Lengkap

Agar kemampuanmu semakin cepat meningkat, pastikan untuk mengambil sumber langsung dari ahlinya. Setelah menemukan sumber belajar yang ditulis langsung oleh ahlinya, ambillah dari beberapa sumber untuk melengkapi sumber belajarmu. Kemudian, pilihlah yang menurutmu paling cocok dan mudah untuk dipelajari.

2. Praktikkan ilmu yang Sudah Kamu Dapat Tersebut

Hanya membaca teori saja tidak cukup. Mengasah kemampuan dengan rajin berlatih tetap perlu dilakukan. Hal ini berguna untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari sebelumnya.

Hal ini akan membuatmu mengasah kemampuanmu dalam menulis. Selain itu, kamu juga bisa mengukur pemahamanmu tentang copywriting dengan terus berlatih. Copywriting yang baik adalah salah satu faktor agar jualanmu semakin cepat laku, lo!

3. Konsisten Praktik dan Terus Belajar

Ilmu cepat sekali berkembang, sehingga kamu harus dan perlu terus memperbarui ilmu dan kemampuan menulismu. Hal ini bisa dilakukan dengan konsisten melakukan praktik. Belajar terus-menerus akan membuatmu terus update tentang perkembangan copywriting dan meningkatkan skill menulismu lebih cepat.

Demikian 3 tips mudah agar kemampuan menulis copywritingmu cepat berkembang. Selamat belajar dan selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak