facebook

4 Manfaat Membuat Bullet Journal bagi Pelajar, Sudah Coba Belum?

Vivia Lintang
4 Manfaat Membuat Bullet Journal bagi Pelajar, Sudah Coba Belum?
Ilustrasi menulis. (Pexels.com/Todoran Bogdan)

Bujo atau Bullet Journal bukan lagi hal asing di masa sekarang. Bullet journal adalah catatan yang berisi kegiatan sehari-hari dengan tujuan untuk terlaksananya kegiatan yang telah dikoordinir. Bujo ini biasanya berisi to do list, movie list, mood tracker, goals, dan hal-hal menarik lainnya

Meski telah mencapai zaman serba digital, ternyata masih banyak orang yang memanfaatkan bullet journal ini, lho. Bujo ini masih menjadi alternatif untuk mengatur waktu bagi sebagian khalayak umum, tak terkecuali kalangan pelajar yang memanfaatkan bullet journal untuk mengorganisasikan kegiatan sehari-hari mereka. Memang apa saja sih manfaatnya? Ini dia manfaat membuat bullet journal bagi pelajar.

1. Kegiatan Menjadi Terkoordinir dan Sesuai Rencana Awal.

Sesuai dengan fungsi umumnya, bujo ini jadi penyelamat buat kita yang susah untuk mengkoordinasi antara waktu dan kegiatan. Para pelajar umumnya susah untuk mengatur waktu mereka karena begitu banyak kegiatan yang harus dilalui, dengan adanya bujo ini kita dapat menjalankan kegiatan sesuai dengan rencana yang terstruktur rapi sejak awal. Hal ini juga dapat menjaga produktivitas bagi para pelajar.

2. Menyalurkan Hobi Menulis dengan Wadah yang Lebih Kreatif.

Tidak dapat dipungkiri, masih banyak kawula muda yang memiliki hobi journaling. Bujo ini dapat dikatakan akulturasi antara planning note dan diary, kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan biasanya ditulis dalam bentuk planner yang dihiasi dengan berbagai macam sticky note atau stiker dan gambar lucu khas diary.

3. Belajar Mengatur Waktu.

Dengan adanya bullet journal pelajar dapat mengatur waktu agar lebih efektif. Para pelajar juga mengerti tentang pentingnya efektivitas dan efisiensi waktu sehingga bujo ini bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari.

4. Membuat Hidup Lebih Teratur.

Dengan adanya jadwal yang telah tersusun rapi, kita memiliki tanggung jawab untuk memenuhinya. Daftar kegiatan juga membantu hidup kita lebih teratur oleh karenanya tidak akan ada waktu yang terbuang secara cuma-cuma.

Itu dia 4 manfaat membuat bullet journaling bagi pelajar. Bullet journal ini dapat dimulai dengan sederhana bahkan dengan buku tulis biasa sekalipun. Jadi bagaimana? Mau mencoba membuatnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak