facebook

5 Istilah untuk Para Pencinta Buku, Kamu Termasuk yang Mana?

Rizky Melinda Sari
5 Istilah untuk Para Pencinta Buku, Kamu Termasuk yang Mana?
Ilustrasi buku (Pixabay.com)

Bagi seorang pencinta buku, kegiatan membaca dan menulis merupakan kegiatan yang tidak bisa dilewatkan barang sehari pun. Bagaikan sudah menjadi kegiatan otomatis, jika sehari saja tidak membaca buku, rasanya ada yang kurang.

Seiring makin banyaknya akun-akun yang merekomendasikan bacaan di berbagai media sosial, kegemaran seseorang dalam membaca juga semakin dimanjakan. Kita bahkan tidak perlu lagi pergi ke toko buku untuk membeli buku, cukup dengan jempol saja buku yang kita inginkan bisa tiba di rumah.

Bagi kamu para pencinta buku, ada beberapa istilah yang mungkin related dengan dirimu. Apa saja ya istilah-istilah tersebut? Berikut adalah beberapa istilah untuk kamu sang pencinta buku dikutip dari unggahan Instagram @beranibaca.

1. Logophile

Kata 'phile' sendiri dapat diartikan sebagai kegemaran atau kencintaan terhadap suatu objek. Jadi, logophile adalah kegemaran atau kecintaan terhadap buku. Jika kamu senang melihat buku, senang mengoleksi dan membacanya maka kamu termasuk seorang logophile!

Tidak hanya gemar membaca, seorang logophile biasanya juga suka terhadap kata-kata. Jika kamu senang merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat, atau dalam bahasa kekinian disebut dengan 'quotes', maka kamu juga termasuk seorang logophile!

2. Epeolatry

Istilah yang cukup asing? Kata ini merupakan salah satu kata yang berasal dari bahasa Yunani. Epeolatry memiliki makna pemujaan terhadap kata-kata.

Jika kamu lebih senang membaca melalui kata-kata daripada melihat gambar, berarti kamu adalah seorang epeolatry. Kata-kata dirasa lebih mampu menggambarkan atau mendeskripsikan sesuatu daripada sebuah gambar itu sendiri.

3. Bibliophagist

Berdasarkan Collins dictionary, bibliophagist adalah seseorang yang 'melahap' buku! Maksudnya adalah seseorang yang mampu menyelam ke dalam sebuah buku, menikmati setiap kata-katanya, tanpa ada satu pun yang terlewat.

Seorang bibliophagist dapat benar-benar terhanyut dalam sebuah buku yang sedang ia baca. Seakan ia merupakan salah satu bagian dari tokoh yang ada di buku! Kamu pernah berada di fase ini?

4. Omnilegent

Kata yang lumayan asing juga, bukan? Kamu senang membaca semua genre buku tanpa terkecuali? Apa pun buku yang ada di hadapanmu, kamu selalu tergoda untuk membaca dan menyelaminya? Bisa jadi kamu termasuk salah satu omnilegent!

Omnilegent adalah sebutan untuk orang-orang yang tidak terpaku pada jenis genre tertentu saja. Mereka siap melahap semua buku dari genre apapun!

5. Book-bosomed

Jika kamu adalah tipe pembaca yang senang membawa buku ke mana pun, maka kamu termasuk dalam book-bosomed! Pembaca dengan tipe ini akan membawa buku mereka ke mana pun, dan siap membacanya di mana pun ketika ada kesempatan.

Itulah lima istilah untuk kamu para pencinta buku! Semua istilah tersebut cukup unik dan menarik, kan? Apakah kamu termasuk ke dalam salah satunya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak