facebook

5 Kelebihan Menjadi Penulis, Bukan Hanya Banyak Cuan!

Desyta Rina Marta Guritno
5 Kelebihan Menjadi Penulis, Bukan Hanya Banyak Cuan!
Ilustrasi Penulis (Pixabay/Tumisu)

Ingin menjadi penulis atau mengembangkan bakat menulis tapi masih ragu? Wah, sepertinya kamu perlu tahu bahwa menjadi seorang penulis memiliki banyak kelebihan. Menjadi penulis selain bisa menghasilkan cuan yang cukup menjanjikan, ternyata juga bisa memberi dampak yang baik untuk diri kita sendiri dan juga lingkungan sekitar. Masih belum yakin? Berikut ini kelebihan menjadi penulis.

Ini Kelebihan Menjadi Penulis

1. Peka Terhadap Lingkungan

Seorang penulis pasti memiliki kepekaan terhadap lingkungan. Dengan menjadi penulis pula kepekaan tersebut akan semakin meningkat. Kamu akan menjadi seseorang yang lebih peduli dengan kondisi di sekitarmu seperti membantu sesama dan ikut melestarikan alam.

2.Ikut Bersuara Melalui Karya

Kamu pasti pernah menemui tulisan yang isinya merupakan suara dari penulis, kan? Tidak heran, sebab penulis  berupaya ikut bersuara terhadap suatu permasalahan yang sedang terjadi. Tulisan tersebut bisa mewakili suatu kelompok atau dirinya sendiri. Tak jarang pula, dengan tulisan yang baik, itu akan membuka pikiran masyarakat maupun suatu pihak yang dituju untuk segera mengatasi permasalahan tersebut.

3. Punya Karya yang Multifungsi

Siapa bilang karya yang dibuat seorang penulis hanya untuk dibaca setelah itu dilupakan? Karya tersebut bisa menjadi bermacam-macam fungsi seperti hiburan, refleksi, dan juga media penelitian bagi pembaca. Selain itu, bagi penulis, suatu karya bisa menjadi portofolio yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan

4. Up to Date

Menjadi penulis sudah pasti up to date dengan berita yang sedang hangat diperbincangkan saat ini. Kamu juga akan menjadi orang yang banyak tahu karena selalu ingin mengetahui hal-hal baru.

5. Sumber Informasi Terpercaya

Penulis adalah salah satu sumber informasi yang bisa dipercaya. Namun, untuk menjadi seperti itu bukanlah sesuatu yang mudah, menjadi rujukan masyarakat itu berarti kamu harus bisa mendapat dan mengolah tulisan yang valid alias terbukti kebenarannya. Jangan asal menulis tulisan yang kemudian menyesatkan pembacamu ya.

Itulah 5 kelebihan menjadi penulis. Memang, untuk menjadi seperti itu memerlukan latihan yang tidak sebentar, tapi kalau kamu memiliki bakat menulis jangan ragu untuk mengembangkannya karena bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak