facebook

5 Hal yang Dapat Membantu Kalian Menemukan Ide Cerita, Tertarik Mencobanya?

Fachry Fadillah
5 Hal yang Dapat Membantu Kalian Menemukan Ide Cerita, Tertarik Mencobanya?
Ilustrasi Membaca Buku (Unsplash.com/Clay Banks)

Bagi kalian yang memiliki hobi mengarang cerita fiksi (baik pemula maupun yang sudah terbiasa), tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya ide cerita. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan ide cerita?

Ide cerita merupakan keseluruhan gagasan yang hendak disampaikan lewat rangkaian cerita. Dan biasanya, ide cerita dapat tersimpan di dalam otak kita jauh sebelum kita menuliskannya; dan sebenarnya, segala peristiwa yang kita alami dan amati dapat pula dijadikan sebagai ide cerita. Akan tetapi, banyak juga dari para penulis (baik yang pemula maupun yang sudah terbiasa) masih merasa kesulitan dalam menemukan ide cerita. Kali ini, saya akan membagikan beberapa hal yang dapat membuat kalian dalam menemukan ide cerita. Hal-hal tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Banyak Membaca

Hal pertama yang dapat membantu kalian dalam menemukan ide cerita adalah dengan banyak membaca. Karena, dengan membacalah kita dapat mengetahui gagasan dan cara penyampaian orang lain. Dan, meskipun yang kita tulis adalah fiksi, bukan berarti kita tidak boleh membaca tulisan-tulisan nonfiksi seperti artikel, jurnal, esai, dan berita. Malahan, hal tersebut sangatlah diperlukan, karena tulisan nonfiksi dapat membuat tulisan kita semakin berbobot dan tidak kering.

2. Banyak Jalan-jalan

Hal kedua yang dapat membantu kalian dalam menemukan ide cerita adalah dengan banyak jalan-jalan. Namun, jalan-jalan yang dimaksud bukanlah jalan-jalan yang harus menghabiskan banyak biaya, melainkan jalan-jalan yang hanya sekedar menambah wawasan dan pengalaman kalian. Karena, dengan sering berjalan-jalan, kalian akan melihat dunia luar, dan tentu hal itu dapat menambah pengalaman serta pemahaman kalian yang tentu saja dapat dijadikan sebagai ide cerita.

3. Banyak Bercengkrama

Hal ketiga yang dapat membantu kalian dalam menemukan ide cerita adalah dengan banyak bercengkrama. Karena, di saat bercengkrama, secara langsung kita dapat menangkap berbagai hal yang disampaikan oleh lawan bicara kita, dan seringkali hal tersebut merupakan suatu kejadian unik. Maka dari itu, kita bisa menjadikan kegiatan bercengkrama sebagai sarana untuk menemukan ide cerita kita. Dan karena, seorang penulis yang baik jugalah seorang pendengar yang baik.

4. Banyak Merenung

Hal keempat yang dapat membantu kalian dalam menemukan ide cerita adalah dengan banyak merenung. Namun, merenung yang dimaksud bukanlah merenung seorang diri atau bersemadi di tempat-tempat tertentu, melainkan mengevaluasi diri sendiri dengan harapan dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan begitu, selain dapat menjadi pribadi yang lebih bijaksana, kebijaksanaan yang kita miliki dapat dijadikan sebagai ide cerita, sehingga cerita yang kita buat dapat menonjolkan hal-hal yang positif.

5. Banyak Mengamati

Hal kelima dan terakhir yang dapat membantu kalian dalam menemukan ide cerita adalah dengan banyak mengamati. Karena, dengan banyak mengamati, kita akan menjadi pribadi yang lebih paham terhadap suatu persoalan secara intensif. Dan tentu saja, dengan menjadi pribadi yang lebih paham terhadap suatu persoalan, kita akan menjadi pribadi yang dapat menerima berbagai perspektif atau sudut pandang, yang tentu saja dapat memperkaya pemahaman kita sehingga dapat kita jadikan sebagai referensi ide cerita kita. 

Itu tadi merupakan sedikit ulasan mengenai "5 Hal yang Dapat Membantu Kalian dalam Menemukan Ide Cerita." Adapun ulasan ini merupakan ulasan saya pribadi berdasarkan pengalaman yang saya alami dan amati. Itu saja yang ingin saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak