7 Tips Memancing Ide Menulis yang Bisa Kamu Terapkan, Lakukan Travelling!

Rizky Melinda Sari
7 Tips Memancing Ide Menulis yang Bisa Kamu Terapkan, Lakukan Travelling!
Ilustrasi penulis (pexels/Judit Peter)

Bagi seorang penulis, menemukan ide adalah sebuah kegiatan yang gampang-gampang susah. Ide bisa muncul dari mana saja. Terkadang, ketika kita tidak berniat mencarinya, ide akan muncul dengan sendirinya. Begitu pula sebaliknya, ketika sedang diperlukan, ide bisa tidak muncul sama sekali. 

Jika kamu sering mengalami kebuntuan dalam mencari ide, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar idemu bisa mengalir kembali dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencari inspirasi ide tulisan. Yuk disimak hingga akhir!

1. Membaca banyak buku dan artikel

Tips pertama, kamu bisa memancing ide keluar dengan membaca banyak buku dan artikel. Tidak ada batasan tema, kamu bisa membaca semuanya. Dengan demikian, kamu pasti menemukan satu topik atau tema yang menarik perhatian kamu. 

2. Menonton film

Tips kedua agar idemu kembali segar dan mengalir adalah dengan menonton film. Kamu bisa menonton film atau drama kesukaanmu. Perhatikan alur, tema, penokohan, serta amanat yang coba disampaikan oleh isi film atau drama tersebut. 

3. Bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain

Terkadang, ide juga bisa muncul jika kita bertukar pikiran atau berkomunikasi dengan orang lain. Sifat dan karakter orang pasti berbeda-beda, sehingga kita bisa menemukan karakter yang memantik ide untuk keluar. Berbicaralah dengan orang lain agar idemu bisa kembali muncul. 

4. Berkaca pada kehidupan pribadi

Tanpa kita sadari, kisah hidup kita sendiri sebenarnya bisa kita jadikan ide tulisan. Kita pastinya memiliki kenangan atau kejadian tertentu yang membekas di ingatan. Kita bisa mengembangkan ingatan itu menjadi sebuah cerita yang lebih. 

5. Membuat playlist lagu

Ada beberapa penulis yang senang menulis sembari mendengarkan lagu. Jika kamu termasuk tipe ini, kamu bisa membuat playlist lagu yang dengan tema serupa. Banyak juga penulis yang terinspirasi dari sebuah lagu. Playlist ini bisa membantumu untuk menentukan alur berdasarkan lagu. 

6. Mencari quotes inspiratif

Tips selanjutnya, kamu bisa berburu quotes dari penulis favoritmu, lalu mencoba memndah atau memaknainya lebih dalam. Dengan demikian, pasti ada ide yang muncul dari quotes tersebut. Kamu bisa mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah cerita baru dengan berbagai unsur penunjang lainnya. 

7. Travelling

Tips terkahir untuk memancing ide agar terus mengalir adalah dengan travelling atau jalan-jalan, apalagi ke tempat yang tidak pernah kita kunjungi sebelumnya. Selain memancing ide, kamu juga bisa menggunakan tempat tersebut sebagai latar dalam ceritamu. 

Itulah tujuh tips yang bisa kamu terapkan untuk mencari inspirasi ide. Gali terus berbagai hal yang ada di sekitarmu, pasti ada ide terselip di antaranya.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak