5 Cara Mengatasi Writer's Block, Musuh Para Penulis

Najmi Fathia
5 Cara Mengatasi Writer's Block, Musuh Para Penulis
Ilustrasi menulis (Pexels/Energepic.com)

Kamu ingin menulis sesuatu, tapi kehilangan inspirasi? Kondisi ini dinamakan writer's block. Kondisi di mana seseorang merasa tidak bisa menulis apa pun karena kehilangan ide, inspirasi, dan imajinasi. Bagaimana cara mengatasi writer's block? Yuk, kita lihat sama-sama!

1. Beristirahat sejenak

Ilustrasi (Pexels/AndreaPiacquadio)
Ilustrasi istirahat (Pexels/AndreaPiacquadio)

Hal pertama yang kamu butuhkan mungkin beristirahat. Bisa jadi, kamu mengalami writer's block karena terlalu sering berusaha membuat tulisan sehingga lama-kelamaan kamu merasa jenuh dan kehabisan ide untuk melanjutkan tulisanmu.

Kamu bisa meminum teh atau minuman yang bisa membuatmu merasa lebih baik, tidur sejenak, atau mengistirahatkan diri selama beberapa hari sebelum akhirnya kamu merasa siap untuk menulis kembali.

Hal ini dibutuhkan oleh beberapa penulis ketika merasa terlalu penat dan sudah menghabiskan waktu banyak untuk menulis, sehingga diperlukan istirahat sesuai dengan kebutuhan masing-masing penulis.

2. Membaca buku

Ilustrasi (Pexels/Adil)
Ilustrasi membaca buku (Pexels/Adil)

Salah satu kegemaran penulis tentunya adalah membaca. Jika kamu merasa kehilangan ide dan sedang tidak bisa berimajinasi, kamu bisa coba untuk membaca buku.

Terlebih lagi jika kamu memiliki buku favorit yang menurutmu bisa menghibur dan membantumu keluar dari writer's block ini, kamu bisa membacanya.

Kamu juga bisa melanjutkan buku-buku yang belum sempat kamu selesaikan sebelumnya. Dengan membaca buku, kamu bisa menambah ide untuk tulisan-tulisanmu.

3. Menonton film

Ilustrasi (Pexels/JohnMarkSmith)
Ilustrasi menonton film (Pexels/JohnMarkSmith)

Sama halnya seperti membaca buku, menonton film juga akan membantu kamu mengatasi writer's block. Jika kamu merasa terlalu lelah dengan tulisan sehingga merasa enggan membaca buku, kamu bisa menggantinya dengan menonton film.

Kamu bisa dimulai dengan menonton film yang paling kamu suka, atau mencoba menonton film-film baru yang belum pernah kamu tonton. Dengan menonton film, kamu lama-kelamaan akan memiliki bayangan dan ide baru untuk tulisanmu.

4. Berjalan-jalan

Ilustrasi (Pexels/AsadPhotoMaldives)
Ilustrasi jalan-jalan (Pexels/AsadPhotoMaldives)

Jika merasa terlalu lelah dengan menulis, selain tidur dan melakukan hal-hal yang kamu suka, kamu juga bisa berjalan-jalan. Tidak perlu berjalan terlalu jauh seperti liburan keluar kota, kamu bisa sekadar pergi ke toko buku, perpustakaan, bioskop, taman bermain, dan tempat-tempat lain yang kamu sukai. Kamu juga bisa mengajak orang terdekatmu untuk pergi bersama-sama.

5. Mengobrol dengan orang terdekat

Ilustrasi (Pexels/OleksandrPidvalnyi)
Ilustrasi mengobrol (Pexels/OleksandrPidvalnyi)

Terakhir tapi tidak kalah pentingnya, berbicara dengan orang terdekat. Dengan berbicara kepada orang lain, kamu akan mendengar cerita-cerita baru yang nantinya cerita-cerita itu bisa kamu jadikan ide untuk bahan tulisanmu.

Tentu saja, kamu tidak perlu membicarakan hal-hal yang terlalu berat agar kamu tidak merasa lebih jenuh dan lelah lagi. Kamu bisa membicarakan hal-hal menyenangkan, atau merencakan liburan dengan sahabat atau keluarga.

Tentu kita semua menginginkan hasil yang terbaik untuk apa pun yang kita lakukan. Namun, merasa lelah juga merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh semua orang.

Salah satu bentuk dari rasa lelah dengan menulis itu bisa ditunjukkan dalam writer's block. Jika kamu merasa mengalami kebuntuan ide dan tidak dapat menulis apa pun, kamu bisa mencoba 5 cara di atas untuk mengembalikan semangat dan imajinasimu lagi. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak