3 Tips Mendapatkan Uang Tambahan dari Menulis, Sudah Tahu?

Elvira D Paramitha
3 Tips Mendapatkan Uang Tambahan dari Menulis, Sudah Tahu?
Ilustrasi menulis (Unsplash.com/Christin Hume)

Apakah kamu tahu bahwa kamu juga bisa menghasilkan uang dari bakat menulis yang kamu miliki? Hal ini sangat memungkinkan terutama jika kamu memiliki bakat tambahan seperti kreativitas. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar tulisan tersebut bisa menjadi uang? Kamu bisa simak 3 tips di bawah ini.

1. Membuat Portofolio Hasil Tulisan di Situs Freelance

Kamu dapat membuat protofolio berisikan hasil-hasil tulisan yang telah kamu buat dan menjualnya di situs-situs freelance. Saat ini, ada banyak sekali situs freelance aktif yang dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan dalam bidang menulis dan tentu akan mendapatkan uang.

Pada umumnya, situs freelance seperti sebuah marketplace yang mengharuskan seseorang mengunggah sebuah produk agar menarik pembeli. Bedanya, situs freelance tidak menawarkan produk namun jasa. Oleh karena itu, branding yang baik akan sangat membantu kamu untuk mendatangkan banyak pekerjaan-pekerjaan baru.

2. Rajin Menulis di Website Kontributor

Saat ini, banyak sekali platform atau website yang menunjang seorang penulis untuk menuangkan ide dan pikirannya menjadi sebuah karya berupa tulisan.

Para penulis ini umumnya disebut sebagai kontributor, karena mereka berkontribusi untuk memberikan ide tulisan pada website. Saat kamu menulis di website seperti ini, kamu dapat menghasilkan sejumlah uang dari hasil tulisan yang lolos kurasi editor dan berhasil tayang di website.

Selain mendapatkan uang, dengan rajin menulis di website seperti ini, kamu dapat melatih skill menulismu lebih dalam lagi dan menjadikan hasil-hasil yang telah dipublikasikan menjadi sebuah portofolio.

3. Menulis Cerita Fiksi

Selain menulis tulisan evergreen di website, kamu juga bisa menghasilkan uang dari menulis cerita fiksi. Saat ini banyak sekali platform atau aplikasi yang menerima tulisan-tulisan fiksi dan diterbitkan secara gratis.

Bahkan, untuk cerita yang lolos kurasi editor dan berhasil terbit, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah uang. Selain itu, kamu juga dapat mencoba mengirimkan hasil karya fiksi kamu ke penerbit. Untuk cerita yang berhasil dibukukan, kamu juga bisa mendapatkan bayaran yang cukup besar.

Nah, itulah beberapa tips mendapatkan uang dari menulis. Bagaimana? Siap menghasilkan uang dari bakat menulismu?

Video yang mungkin Anda suka:

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak