alexametrics

Yi Sun-sin, Pahlawan dari Korea Inspirasi Hero Mobile Legends

Armand
Yi Sun-sin, Pahlawan dari Korea Inspirasi Hero Mobile Legends
Patung Yi Sun-Sin (Unsplash.com/Mathew Schwartz)

Bagi kamu yang hobi bermain gim Mobile Legends pasti sudah familier dengan salah satu hero yang dapat kita pakai yakni Yi Sun-sin. Namun, apakah kamu tahu bahwa karakter Yi Sun-sin tersebut terinspirasi dari pahlawan berkebangsaan Korea yang melawan kekaisaran Jepang pada abad ke-15? Laksamana angkatan laut kerajaan Joseon ini memiliki nama asli Yi Sun-sin.

Ia diperkirakan lahir pada 28 April 1545 dan memulai karirnya di bidang militer semenjak ia mencapai usia remaja. Prestasinya di akademi militer kerajaan sangat baik, pelatih-pelatihnya memuji kemampuannya dalam memanah, namun berkat beberapa kegagalan dalam tes berkuda, ia harus mengulang pendidikan militer selama satu tahun.

Hingga pada akhirnya dia lulus dan memulai karirnya dengan tugas patroli melindungi kerajaan dari para perompak Jurchen. Mari kita simak beberapa fakta menarik mengenai pahlawan yang satu ini

1. Memimpin armada kerajaan Joseon menghalau serangan kekaisaran Jepang
Pada akhir abad ke-16, tepatnya pada tahun 1592 - 1598, pasukan kekaisaran Jepang di bawah kepemimpinan Toyotomi Hideyoshi melakukan penyerangan melalui laut kepada kerajaan Joseon. Sehingga, dua peradaban besar Asia Timur tersebut berperang selama 6 tahun lamanya. Berkat karirnya yang berprestasi, kerajaan Joseon mengangkat Yi Sun-sin menjadi laksamana untuk memimpin armada kerajaan melindungi semenanjung Korea dari pasukan tentara kekaisaran Jepang. 

Yi Sun-sin dinilai oleh banyak sejarawan berhasil dalam menghalau kapal-kapal Jepang. Bahkan tercatat ia berhasil memenangkan pertempuran dengan 13 kapal melawan 300 kapal tentara Jepang di pertempuran Myeongnyang. Ia tercatat memimpin 6 pertempuran dalam perang Imjin melawan kekaisaran Jepang.

2. Berperang menggunakan kapal berbentuk seperti kura-kura

Salah satu faktor keberhasilan beliau adalah berkat teknologi berupa kapal yang dirancang seperti kura-kura. Kapal ini disebut dengan Geobukseon, dan dilindungi dengan lapisan pelindung seperti tempurung kura-kura untuk menghalau peluru meriam kapal Jepang. Kapal ini dinilai lebih besar dan kuat dibandingkan kapal-kapal Jepang. Kapal ini dilengkapi dengan meriam yang diposisikan secara strategis serta dihiasi oleh kepala naga di bagian haluan kapal untuk memberikan intimidasi kepada lawan.

3. Piawai dalam memanah

Selain menjadi laksamana yang handal, Yi Sun-sin juga sangat pandai memanah. Ia belajar memanah sejak kecil bersama ayahnya. Berkat kepiawaiannya, ia sering digambarkan membawa panah di berbagai media seperti film dan gim.

4. Meninggal dalam pertempuran Noryang

Pertempuran terakhir yang ia pimpin adalah pertempuran besar di lautan Noryang. Pertempuran tersebut dimenangkan oleh kerajaan Joseon, namun saat ia memimpin pasukannya untuk mengejar armada Jepang, ia tertembak oleh peluru tak bertuan di bagian dadanya. Luka tembakan tersebut tidak dapat disembuhkan dan akhirnya ia meninggal dalam pertempuran tersebut dan sebelumnya menyampaikan pesan terakhirnya pada orang-orang terdekatnya.

5. Dipopulerkan dalam berbagai film 

Tokoh Yi Sun-sin digambarkan di berbagai film-film kolosal Korea seperti The Admiral: Roaring Currents keluaran tahun 2014 yang menggambarkan pertempuran Myeongnyang. Tokoh Yi Sun-sin diperankan oleh aktor Choi Minsik. Berkat film ini, tokoh Yi Sun-sin menjadi populer di ranah internasional.

Itu lah fakta-fakta menarik tentang pahlawan bersejarah Yi Sun-sin. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak