alexametrics

Pentingnya Transformasi Digital bagi UMKM

SRI WULANDARI
Pentingnya Transformasi Digital bagi UMKM
Ilustrasi ponsel. (Pixabay)

Saat ini, para pelaku UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, Menengah, sudah banyak yang menggunakan teknologi digital sebagai alat pemasaran barang dan jasa. Sebab, dengan menggunakan teknologi digital, para pelaku UMKM bisa menjangkau para konsumen di seluruh Indonesiam bahkan penjuru dunia. Ada beberapa transformasi digital yang dilakukan para UMKM yaitu sebagai berikut:

Menggunakan Digital Marketing

Penggunaan digital marketing sudah tidak asing lagi di masa sekarang ini. Sudah banyak sekali pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing sebagai alat untuk mempromosikan barang dana jasa. Beberapa aplikasi yang mungkin dan sering digunakan sebagai digital marketing yaitu Facebook, WhatsApp Business, Instagram, Twitter, Telegram, serta YouTube.

Sebelum mempromosikan barang dan jasa di sosial media, para pemilik UMKM bisa mendesain banner, poster, brosur, serta selebaran mereka menjadi lebih menarik. Mereka bisa menggunakan beberapa aplikasi desain sederhana, contoh salah satunya yaitu Canva.

Menggunakan Transaksi Digital

Di zaman serba teknologi ini, sebaiknya para pelaku UMKM menggunakan transaksi digital dalam proses jual beli barang dan jasa. Penggunaan transaksi digital ini terjadi karena dapat mempermudah para pelaku UMKM dalam menjangkau konsumen di seluruh Indonesia, bahkan penjuru dunia. Adapun beberapa aplikasi yang mungkin bisa digunakan para pemilik UMKM dalam proses transaksi digital yaitu Ovo, Gopay, Dana, Shopeepay, Link Aja dan lain-lain.

Menggunakan Digital Manajemen

Menggunakan digital manajemen dapat mempermudah pelaku UMKM dalam melakukan perhitungan ketersediaan stok produk yang mereka jual, tanpa ada kesalahan. Salah satu contoh aplikasi yang mungkin dapat digunakan untuk melakukan perhitungan stok produk yaitu StockApp, Inventory Management App. Sementara itu, aplikasi yang dapat digunakan UMKM dalam menghitung pendapatan dan pengeluaran mereka salah satunya yaitu BukuKas.

Transformasi digital berperan sangat penting dalam persaingan bisnis atau usaha di masa sekarang dan masa depan. Oleh karena itu, para pelaku UMKM harus ikut serta dalam kemajuan teknologi, supaya tidak ketinggalan jaman. Selain itu, mereka bisa ikut berperan dalam persaingan bisnis atau usaha di zaman sekarang yang serba teknologi. Oleh sebab itu, transformasi digital penting bagi UMKM.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak