facebook

Matematika Itu Penting, Mengapa?

Tsari Alfyani
Matematika Itu Penting, Mengapa?
Pembelajaran matematika via zoom (DocPribadi/tsari).

Sebagai salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari, matematika memiliki peran besar dalam kehidupan sehari-hari. Konsep dan keterampilan pun perlu diterapkan dalam pembelajarannya . Banyak orang mengabaikan matematika dan menganggapnya tidak penting. Nyatanya, dalam dunia kerja tidak bisa dipisahkan dari matematika.

Semua bidang pasti mencangkup matematika, baik berupa dasar, hingga kompleks. Nah ternyata Profesi seperti dokter, arsitektur, pedagang, guru, pejabat negara, akuntan, intelijen, dan presiden pun membutuhkan skill matematika. Berikut ini adalah alasan mengapa matematika Penting bagi kehidupan.

1. Semua Profesi memerlukan skill matematika

Contoh nyatanya adalah seorang dokter menggunakan skill matematika untuk menghitung peluang pasiennya untuk sembuh, menghitung peluang berhasil atau gagalnya suatu operasi, menghitung denyut jantung, dan lain sebagainya. Selain itu, para pedagang dan pebisnis juga menggunakan konsep matematika untuk menghitung laba serta rugi. Jika diamati, itu merupakan dasar yang telah kita pelajari di jenjang sekolah. Namun, pada prosesnya banyak orang yang masih kesulitan memahami dan menerapkannya sehingga diperlukan pemahaman ulang konsep tersebut.

Seorang ibu rumah tangga tidak hanya memerlukan keterampilan mengurus anak, memasak, dan mengerjakan pekerjaan rumah loh. Namun, skill matematika juga dibutuhkan oleh ibu rumah tangga. Banyak anak akan menanyakan PR matematika kepada orang tuanya.

Dalam kondisi ini, orang tua pun harus siaga menjawab pertanyaan anak. Apakah kalian tahu jika menghitung uang kembalian belanja dan pengeluaran bulanan pun membutuhkan skill matematika? Ya tentu saja, menghitung uang kembalian belanja dan uang pengeluaran bulanan pun memerlukan skill matematika dasar berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

2. Matematika merupakan dasar dari mata pelajaran lain

Mata Pelajaran seperti Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosial dan lain sebagainya pun memerlukan skill matematika. Contohnya dalam Pelajaran Fisika dan Kimia, kita banyak menggunakan angka dalam mengerjakan soalnya. Bukan hanya pada matematika, menghitung jarak, kecepatan, dan volume pun ada pada pelajaran Fisika dan Kimia. Guru kimia dan Fisika banyak yang tidak menjelaskan ulang konsep tersebut. Hal ini dikarenakan sudah dibahas pada matematika dasar. Hayo, siapa yang sudah lupa dengan pelajaran dasar tersebut?.

Pada proses pembelajaran, banyak siswa yang masih kesulitan memahami matematika. Kesulitan tersebut membuat mereka menghindari matematika. Siswa yang sering absen akan menyulitkan mereka dalam menjalankan hal yang berkaitan dengan matematika (Sari et al., 2020).

Seorang guru harus memahami karakter belajar siswanya. Ada dua karakter yang dimiliki seorang siswa. Karakter Cepat menangkap dan karakter lambat menangkap materi yang telah disampaikan. Di kelas siswa diharuskan aktif dalam bertanya, meminta masukan, hingga meminta tambahan waktu belajar.

Belajar matematika itu gampang-gampang susah. Perbanyak berlatih soal dan membaca rumus. Pendamping juga diperlukan dalam belajar matematika. Fungsi pendamping adalah untuk bertanya dan bertukar pikiran. Bagi kalian yang memang tidak bisa belajar sendiri, segeralah cari pendamping yang dapat membuat kalian paham.

Menonton video pembelajaran matematika pun merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan matematika kita. YouTube merupakan salah satu media yang banyak digunakan untuk menonton video pembelajaan. Selain itu, belajar bersama teman dapat kita lakukan untuk menambah wawasan.

Sekarang ini, banyak orang tua yang sudah menyadari pentingnya matematika, mereka memasukan anaknya ke tempat bimbingan belajar. Mereka mengetahui, matematika akan dipelajari hingga jenjang perkuliahan. Di tempat bimbingan, mereka akan mendapatkan ilmu tambahan dan mempelajarinya dari dasar.

Sudah jelas bukan, bahwa matematika sangat penting untuk dipelajari. Diharapkan artikel ini dapat memberi penjelasan bahwa matematika sangat dibutuhkan sebagai dasar dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Bagi kalian yang masih duduk di bangku pelajar, seriuslah dan pahami konsepnya, agar kelak tidak kesulitan dalam menjalani profesi impian. Bagi kalian yang sudah memiliki profesi dan kesulitan dalam menjalankan pekerjaan yang berkaitan dengan matematika, tetap berlatih dan jangan lupa bertanya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak