alexametrics

6 Manfaat Baca Komik Yang Nggak Kamu Sadari

bacakomik
6 Manfaat Baca Komik Yang Nggak Kamu Sadari
Ilustrasi membaca komik (unsplash/Miika Laaksonen)

Membaca komik rupanya punya sejumlah manfaat.

Suara.com - Jangan mengira kalau baca komik adalah kebiasaan unfaedah. Atau, sekadar pengisi waktu luang semata. Membaca komik sendiri rupanya punya sejumlah manfaat. Terlepas apakah yang membacanya adalah orang dewasa, remaja, atau anak-anak.

Adapun sejumlah manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Imajinasi

Ini adalah manfaat pertama yang bakal kamu rasain saat membaca komik. Komik biasanya didominasi gambar tokoh yang beragam dan menarik, serta dilengkapi alur cerita yang biasanya nggak lazim. Hal itulah yang membuat komik bisa menambah daya imajinasi.

2. Meredakan Stres

Kalau kamu lagi stres, kamu bisa meredakannya dengan membaca komik. Kenapa bisa begitu? Karena komik memiliki gambar tokoh yang biasanya unik dan lucu.

Apalagi, jika gambar tersebut dilengkapi dengan plot cerita yang ringan dan lucu. Cerita yang lucu dalam komik akan membuatmu lebih rileks. Dengan begitu, stres di pikiranmu pun bisa sedikit berkurang.

3. Mengasah Kreativitas

Kalau kreativitasmu lagi buntu, membaca komik adalah solusi paling tepat. Apalagi, jika komiknya punya gambar-gambar tokoh yang unik, serta jalan cerita yang nggak ketebak. Dua hal itu akan merangsang otak untuk berimajinasi seluas mungkin. Dan lambat laun, akan menumbuhkan kreativitas di dalam otakmu.

4. Memperkuat Daya Ingat