alexametrics

Trik Menulis Copy Writing untuk Pemula

Fajar Andrian
Trik Menulis Copy Writing untuk Pemula
Ilustrasi media sosial (pixabay)

Pernahkah anda membaca sebuah iklan? Setelah membaca kemudian anda tertarik untuk membeli produk pada iklan tersebut. Dari kasus tersebut, dapat terlihat jelas kemampuan dalam memilih dan menggunakan kosa kata merupakan suatu kewajiban.

Menulis memang terlihat mudah, namun menciptakan sebuah tulisan yang mampu menjual memang sangat memerlukan kesabaran dan ketekunan yang tinggi. Untuk merangkai kata menjadi  sebuah kalimat yang indah diperlukan ide sebagai tema tulisan, agar tulisan lebih terarah dan mudah dipahami.

Lantas bagaimana langkah awal agar menghasilkan copy writing yang baik?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperbanyak informasi tentang target dan konsumen dari copy yang akan dimuat. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan persepsi yang berbeda dan mengalami kerugian.

Jika informasi target pasar dan konsumen sudah dimiliki, kegagalan dalam menulis promosi dengan baik dapat dihindari.

Upaya yang dapat dilakukan dengan mencari berbagai referensi yang tersedia, baik melalui buku maupun lewat internet. Jangan malas untuk selalu mencari informasi terkait dengan target pasar, karena sangat membantu dalam menulis copy writing yang menarik. Informasi ini dapat berperan untuk memutuskan pada siapa copy writing ini ditawarkan.

Setelah memperoleh informasi siapa target pasar nya, langkah berikutnya adalah menentukan media atau platform yang akan digunakan agar tepat sasaran. Ada banyak platform yang dapat digunakan. Salah satunya media digital, meliputi website, email marketing, hingga sosial media. Kita harus memahami karakteristik disetiap media yang akan digunakan. Agar tidak terjadi kesalahan strategi  dalam menyusun sebuah copy writing.

Informasi tentang target pasar dan media yang akan digunakan telah ditentukan, tahap selanjutnya adalah merangsang minat membaca.

Bagaimana cara menumbuhkan minat membaca? Yakni dengan menggunakan permainan diksi yang berkolaborasi dengan headline, isi dan pesan yang disampaikan dengan baik, serta penawaran yang menggiurkan.

Menggunakan pilihan kata dan kalimat yang fleksibel untuk membangkitkan emosi pembaca. Selain itu, menambahkan gambar atau ilustrasi dapat memperkuat copy writing yang akan disampaikan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak