alexametrics

5 Hal ini Perlu Kamu Lakukan untuk Berhenti Membenci Diri Sendiri

Latifah
5 Hal ini Perlu Kamu Lakukan untuk Berhenti Membenci Diri Sendiri
Ilustrasi wanita bercermin (pexels/@vanyaoboleninov)

Lakukan! Agar kamu terbebas dari belenggu benci diri sendiri

Suara.com - Self-loathing atau self-hatred adalah sebuah keadaan ketika seseorang terjebak dalam belenggu kebencian terhadap dirinya sendiri. Hal ini bisa timbul karena sering membanding-bandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain yang menurutnya telah memenuhi kriteria ‘ideal’.

Lama-lama, muncul perasaan tidak berharga dan selalu merasa “kurang” dari orang lain. Kurang pintar, kurang kaya, kurang sukses, kurang cantik, dan sebagainya. Padahal, tiap orang diciptakan berbeda-beda dan punya potensinya masing-masing.

Nah, supaya kamu berhenti melakukan self-loathing, yuk, coba terapkan 5 hal ini.

1. Kenali pemicunya

Untuk mencari solusi, harus tahu dulu akar permasalahannya. Kamu bisa luangkan waktu untuk merenungi, apa aja yang bisa jadi pemicu sehingga kamu jadi berpikir negatif terhadap dirimu sendiri.

Misalnya, setiap kali lihat postingan teman-temanmu di media sosial, kamu jadi galau dan timbul perasaan “saya orang gagal”. Maka, langkah awal supaya kamu bisa “menyembuhkan” diri kamu dari self-loathing adalah dengan puasa dulu membuka medsos.

2. Lawan perasaan negatif kamu

Ketika perasaan negatif itu sedang datang, kamu harus berani melawannya. Misalnya, kamu merasa jadi orang paling gagal sedunia. Coba deh lawan dengan bikin daftar, prestasi-prestasi apa saja yang pernah kamu raih. Misalnya, kamu dulu waktu sekolah pernah meraih nilai tertinggi di kelas, pernah diamanahkan jadi ketua kelas, dan sebagainya.

Atau lawan dengan membuat daftar kelebihan-kelebihan dirimu. Sebagai contoh, totalitas saat mengerjakan sesuatu, yang membuat banyak orang jadi percaya dengan kinerjamu. Atau bisa pula, kamu memiliki jiwa penolong yang sangat besar, sehingga mau repot demi membantu orang. Kualitas seperti itu tampak remeh, padahal tidak semua orang punya.

3. Lakukan self-talk positif setiap hari

Self-loathing, biasanya membuat kamu jadi sering banget bicara negatif terhadap dirimu sendiri. Coba selalu praktikkan self-talk positif setiap hari. Misalnya sebelum tidur, kamu selalu buat daftar apa aja yang kamu syukuri hari ini. Dengan demikian, kamu melatih otakmu untuk selalu melihat sisi positif.

4. Luangkan waktu bersama orang-orang yang membuatmu bahagia

Orang yang membenci dirinya sendiri, cenderung lebih senang sendirian dan malas bergaul. Sebaiknya, paksa diri untuk berinteraksi dengan orang lain yang bisa membuatmu bahagia.

Coba nonton bareng atau jalan-jalan keluar sambil ngobrol bareng. Ini bisa membuat kamu merasa lebih berenergi. Selain itu, interaksi dengan orang-orang yang kamu sayang juga bisa membuat kamu sadar, bahwa kamu tidak sendiri.

5. Berlatih untuk menyayangi diri sendiri

Sering kali kamu lebih keras menghukum dirimu sendiri dibanding terhadap orang lain. Belajarlah untuk lebih menyayangi dirimu sendiri dan menerima, bahwa kegagalan itu manusiawi. Orang lain pun mengalaminya kok. Yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki diri sehingga dapat lebih baik dikemudian hari.

Setiap manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi, stop ya, membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Apalagi sampai membenci diri kamu sendiri.