facebook

Alami Creative Block? Terapkan 5 Hal Simpel Ini untuk Temukan Ide Baru!

Latifah
Alami Creative Block? Terapkan 5 Hal Simpel Ini untuk Temukan Ide Baru!
Ilustrasi menulis (pexels/@olly)

Bagi mereka yang bekerja di dunia kreatif, terkadang merasa frustrasi karena tidak mendapatkan ide untuk membuat karya baru. Creative block atau mentok tidak ada ide membuat deadline kerap molor dari jadwal yang ditetapkan.

Tentunya ini akan berpengaruh buruk terhadap performa kerja kamu. Untuk mencegahnya, coba deh lakukan tips simpel berikut ini agar bisa mendapatkan ide-ide baru. Disimak yuk!

1. Siapkan catatan

Ada kalanya ide itu datang gak pandang tempat dan waktu. Lagi di tempat umum tiba-tiba kepikiran membuat karya baru. Karena itu, supaya ide itu gak hilang begitu saja dikarenakan kamu lupa, selalu siapkan catatan. Jika sewaktu-waktu ide itu datang, langsung tulis meskipun masih dalam bentuk kasar.

2. Pergi ke tempat baru

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan inspirasi adalah pergi ke tempat yang baru. Misalnya ke perpustakaan yang belum pernah kamu kunjungi, atau ke taman di mana kamu bisa merasakan sejuknya pepohonan sehingga pikiran bisa lebih segar, dan ide pun bermunculan.

3. Memilih tempat dan waktu kerja yang nyaman

Gak semua orang bisa produktif dari pagi sampai siang. Ada kalanya seseorang bisa lebih lancar melakukan pekerjaan karena ide mudah sekali muncul saat ia bekerja di malam hari. Jadi, kenali saja kebiasaan produktifmu. Pilihlah tempat kerja yang bisa memberimu rasa nyaman sehingga mudah mendapatkan inspirasi.

4. Memperhatikan masukan atau saran

Masukan atau saran itu bisa jadi sumber yang bagus lho untuk memunculkan ide baru. Karena bisa jadi karya yang sudah ada masih butuh perbaikan di sana-sini. Dari situlah kamu bisa membuat yang lebih baik lagi dan memberi sentuhan yang berbeda.

5. Berdiskusi dengan yang sudah ahli

Banyak orang sukses yang belajar langsung dari mentor mereka yang sudah ahli dan sukses duluan. Karena mereka lebih berpengalaman, tentunya kamu bisa belajar banyak hal dan menyerap ilmu dari mereka. Siapa tahu, hal tersebut kemudian memicu ide baru yang selama ini belum pernah terpikirkan.

Semoga uraian di atas bisa membantumu untuk menemukan ide-ide segar. Selamat mencobanya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak