alexametrics

Bermain Sambil Asah Otak, 4 Mainan Ini Dapat Menambah Kepintaran Anak

Novita Edy
Bermain Sambil Asah Otak, 4 Mainan Ini Dapat Menambah Kepintaran Anak
Ilustrasi permainan Lego. [Shutterstock]

Mainan yang baik bagi anak bisa menambah kecerdasan

Suara.com - Orang tua pasti ingin anak-anaknya bertambah pintar. Tak heran jika para orang tua sering  memberikan hadiah atau mainan tertentu bagi putra-putrinya, demi keinginannya tersebut.

Akan tetapi tak semua hadiah berupa mainan mampu merangsang kecerdasan anak bertambah. Ada beberapa jenis maninan yang direkomendasikan oleh para psikolog dan pendidik, yang diklaim mampu meningkatkan sisi kognitifnya.

Apa saja jenis mainan tersebut, berikut daftarnya:

Buku bergambar

Buku bergambar adalah hadiah yang ideal bagi anak usia 3-7 tahun, untuk meningkatkan kecerdasannya. Anda bisa mengajaknya ke toko buku agar ia bisa memilih gambar yang disukai. Lalu beri tambahan hadiah berupa crayon serta buku gambar agar ia makin gembira.

Lego

Lego adalah mainan kotak yang dapat disusun sesuai keinginan anak. Dengan mainan lego, anak dapat lebih kreatif menyusun balok-balok itu menjadi berbagai hal. Pengembangan sisi kreatifitas anak sedari kecil sangat baik untuk kecerdasannya.

Sepeda

Sepeda kayuh adalah mainan yang dapat merangsang sisi motorik anak. Untuk usia dini, berikan sepeda roda tiga. Sedangkan yang lebi besar dapat diberikan sepeda roda 2. Mereka belajar tentang menyeimbangkan tubuh dengan bersepeda saat bermain.

Karaoke mainan

Alat karaoke mainan bisa membantu anak menjadi lebih cerdas. Mereka akan belajar mengekspresikan diri dan meniru kalimat yang keluar dari alat karaoke. Dari sini anak dapat belajar bahasa dan kosakata.

Memilih mainan yang tepat bisa meningkatkan kecerdasan anak, tentu dengan bimbingan Anda. Jangan biarkan anak bermain gadget terus karena ada banyak hal negatif dari kebiasaan bermain gadget.