facebook

5 Manfaat Ikut Perlombaan untuk Kariermu di Masa Depan, Yuk Aktif!

Latifah
5 Manfaat Ikut Perlombaan untuk Kariermu di Masa Depan, Yuk Aktif!
Ilustrasi mahasiswa (pexels.com/@anastasiya-gepp-654466)

Saat ini kamu masih kuliah? Kalau iya, gunakanlah momen perkuliahan dengan sebaik-baiknya demi masa depanmu. Gak hanya untuk menimba ilmu sesuai jurusan, tapi juga mendapatkan berbagai pengalaman yang kelak akan jadi bekalmu saat memasuki dunia profesional.

Semasa kuliah biasanya ada banyak perlombaan yang diselenggarakan. Coba deh aktif mengikutinya. Gak harus menang, kok! Yang penting mencoba. Karena ada banyak manfaat di dalam kariermu nanti jika waktu kuliah rajin ikut kompetisi. Apa saja?

1. Belajar percaya diri

Saat kamu melihat seorang pakar yang tampil begitu percaya diri, itu tak diraih dengan sekejap mata. Tapi lewat latihan bertubi-tubi yang membuat kepercayaan dirinya terasah.

Dengan mengikuti kompetisi, kepercayaan dirimu akan diasah. Apalagi jika kamu menemui kegagalan, alias gak menang. Saat itulah mentalmu diuji. Apakah akan menyerah, atau mencoba lagi.

Dengan kamu memutuskan untuk mencobanya terus, lama-kelamaan kamu pun jadi ahli dan tingkat kepercayaan dirimu semakin tinggi.

2. Menambah daftar pengalaman yang nanti dicantumkan dalam CV

Tak bisa dimungkiri, bagaimana tampilan curriculum vitae-mu nanti saat melamar kerja berperan besar untuk lolos atau tidaknya tahap seleksi. Kalau CV-mu minimalis, artinya pengalaman di luar aktivitas perkuliahan sedikit, atau bahkan tak ada sama sekali, terlihat bahwa kamu mahasiswa yang kurang aktif.

Tentunya CV-mu ini akan kalah ‘bersinar’ dengan kandidat lain yang bisa jadi punya nilai IPK sama, tapi pengalamannya berjejer. Bisa hilang deh kesempatanmu bekerja di perusahaan impian.

3. Membangun koneksi

Ketika mengikuti lomba, pastinya kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Gak cuma di bidangmu saja, tapi juga lintas jurusan, bahkan lintas universitas. Dan bukan tak mungkin, kamu bisa bertemu langsung dengan para praktisi atau pengusaha yang berkaitan dengan bidang yang kamu geluti.

Tentunya ini nilai plus kan, kalau kamu mampu menjalin hubungan baik dengan mereka. Siapa tahu, kalau lagi hoki, ada pihak manajemen yang tertarik untuk mengajakmu bekerja di perusahaan mereka selepas kamu kuliah. Enak, kan gak usah sibuk melamar kerja di sana-sini?

4. Melatihmu untuk bersikap sportif

Dunia pekerjaan itu dinamis. Tentunya kamu ingin ketika sudah kerja nanti kariermu bisa terus berkembang, bukan? Dan untuk mencapai posisi tinggi, kamu harus mampu bersaing dengan rekan kerja yang lain.

Jika semasa kuliah kamu sudah terlatih untuk berkompetisi, hal ini akan membuatmu terbiasa untuk bersikap sportif dalam menghadapi persaingan di dunia kerja nanti. Kamu telah terbiasa untuk meraih kemenangan dengan tetap mengedepankan kejujuran. Dan itu kualitas langka yang banyak dicari perusahaan.

5. Melatihmu untuk menerima kekalahan

Gak semua orang bisa menyikapi kekalahan dan kegagalan dengan bijaksana. Dan hal ini bisa kamu latih dengan mengikuti berbagai perlombaan semasa kuliah. Berkali-kali gagal membuat mentalmu kuat dan terasah untuk segera bangkit pasca menemui kegagalan.

Hal tersebut jadi bekal berhargamu ketika menjajaki dunia karier. Kamu tak gampang ciut saat menghadapi penolakan klien atau ketika rencanamu yang sudah dibuat dengan matang ternyata gagal.

Nah, dari uraian di atas, sekarang kamu jadi tahu kan, kalau ikut kompetisi itu penting? Gak cuma untuk menang dan dapat hadiah doang, tapi juga sebagai bekalmu dalam meniti karier di masa depan nanti. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak