alexametrics

Atasi Keluhan Kantung Mata dengan 4 Cara Ini

Dyan Arfiana Ay
Atasi Keluhan Kantung Mata dengan 4 Cara Ini
Ilustrasi kantung mata. (Shutterstock)

Sebelum berangkat beraktivitas, kita tentu ingin hadir dengan penampilan terbaik kita. Penampilan yang menunjang sudah pasti mendukung performa kita di tempat kerja. Setidaknya, kita akan lebih fokus untuk bekerja dan tidak perlu mengkhawatirkan soal penampilan.

Tapi, apa jadinya bila ketika bangun pagi kita mendapati mata kita berkantung dan gelap? Wah, mengganggu sekali, ya.

Tapi tidak perlu panik. Kondisi daerah bawah mata berkantung dan gelap atau biasa dikenal dengan nama kantung mata, memang bisa merusak penampilan kita. Wajah akan terlihat kusam, lelah dan tidak bercahaya. 

Meskipun kantung mata bisa disiasati dengan menggunakan riasan, tapi tentu saja itu bukan solusi yang tepat. Lebih baik pakai 4 cara ini untuk menghilangkan kantung mata:

1. Kompres dengan kantong teh

Teh hijau, khususnya, telah banyak dipuji oleh peneliti karena potensi efek anti-inflamasi serta kandungan anti oksidannya yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit.

Dengan berbagai macam kebaikan yang dikandungnya, teh juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, seduh kantong teh selama 3 sampai 5 menit. Kemudian biarkan kantong teh dingin di dalam kulkas selama 20 menit. Selanjutnya keluarkan kantong teh dari dalam kulkas, peras kelebihan cairannya dan oleskan ke daerah bawah mata. Terakhir, tempelkan kantong teh di kedua mata selama kurang lebih 20 menit.

2. Hapus riasan sebelum tidur

Untuk menghindari adanya kantung mata saat bangun tidur, biasakan untuk membersihkan riasan sebelum beranjak ke tempat tidur. Pastikan riasan terhapus dengan bersih. 

Kebiasaan tidak menghapus riasan sebelum tidur hanya akan membuat wajah kita rentan terkena efek buruk yang ditimbulkan dari bahan-bahan kimia yang terkandung pada make up, serta membuat kulit wajah kita mengalami gejala penuaan dini.

Selain bisa menghindari munculnya kantung mata, membersihkan riasan sebelum tidur juga berarti memberikan kesempatan pada kulit wajah kita untuk beristirahat dan bernafas dengan baik.

3. Hindari tidur terlalu larut malam

Kurang tidur hanya akan membuat kita bangun dalam keadaan yang tidak bugar. Lazimnya, manusia membutuhkan tidur malam setidaknya 8 jam sehari.

Maka, usahakan untuk tidak terlalu sering begadang, ya. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, tubuh mendapatkan haknya untuk beristirahat dan kita pun akan terbangun dengan kondisi kuliat wajah yang bersinar, bebas dari kantung mata

4. Tempelkan irisan mentimun

Jika Anda memiliki cukup persediaan mentimun di dapur, Anda bisa gunakan untuk mengatasi kantung mata yang dijumpai saat pagi hari. 

Caranya mudah. Cukup cuci bersih mentimun, iris tipis dan tempelkan di kedua mata. Diamkan selama kurang lebih setengah jam.

Kandungan air yang tinggi, kaya vitamin C serta magnesium dan silika yang ada pada mentimun sangat baik untuk mendukung mata kita tetap sehat dan terlihat lebih segar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak