alexametrics

5 Manfaat Kebiasaan Bersyukur, Bisa Mencegahmu dari Rasa Iri!

Latifah
5 Manfaat Kebiasaan Bersyukur, Bisa Mencegahmu dari Rasa Iri!
Ilustrasi wanita (freepik.com/jcomp)

Salah satu kunci hidup bahagia adalah kemampuan untuk mensyukuri apa yang kamu punya. Namun terkadang teori lebih mudah diungkapkan daripada pelaksanaannya.

Nah, supaya kamu semakin termotivasi untuk melatih diri membiasakan bersyukur, di bawah ini beberapa manfaat yang akan kamu dapat dari kebiasaan bersyukur. Apa saja?

1. Membuatmu merasa cukup

Hidup jika sudah merasa cukup, yang sedikit saja sudah bisa bikin bahagia. Begitu juga sebaliknya, kalau tak bersyukur, yang banyak pun jadi terasa kurang.

Dengan melatih dirimu bersyukur, kamu jadi terhindar dari sikap serakah atau malah melakukan tindak kriminal seperti korupsi karena selalu tak puas dan ingin lebih.

2. Mencegah dari rasa iri

Iri dengan kesuksesan orang lain, memang bisa bermanfaat untuk membuatmu semakin memacu diri. Tapi kalau sudah sampai dengki, itu yang jadi masalah. Karena iri yang sudah kelewat batas jadi dengki, akan membuatmu senang ketika melihat orang lain susah, dan jadi susah atau gundah ketika melihat hidup orang lain senang.

3. Gaya hidupmu sesuai dengan kemampuan

Ada banyak orang yang hidupnya kemudian terjerat hutang, karena memaksakan diri untuk memiliki gaya hidup berpunya seperti orang lain. Padahal, kemampuannya belum sampai situ.

Dengan membiasakan rasa syukur, kamu pun tak tertarik untuk ikut-ikutan gaya hidup orang lain jika kamu memang tidak suka atau uangnya belum ada. Hidupmu jadi terasa lebih bebas!

4. Membuatmu menghargai diri sendiri

Jika hidup selalu melihat sisi kurangnya, hal itu bisa membuatmu jadi sering menghukum diri karena tidak mencapai apa yang orang lain telah raih. Dengan bersyukur, kamu terhindar dari itu. Meski pencapaianmu tak se-wah orang lain, kamu mengapresiasi dirimu karena sudah bekerja keras meraih itu. Dan ini akan baik untuk kesehatan mentalmu. Hidupmu jadi gak seperti dikejar-kejar target.

5. Membuatmu jadi lebih mudah bahagia

Kebiasaan bersyukur, membuat hidupmu jadi gak gitu ngoyo. Hidupmu jadi minim stres, dan lebih mudah bahagia. Karena dengan hal-hal yang sederhana saja sudah sangat membuatmu bersyukur.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari kebiasaan bersyukur. Yuk, mulai sekarang melatih diri kita sama-sama untuk bisa semakin mensyukuri apa yang kita punya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak