alexametrics

Tidak Hanya IPK, Berikut 5 Hal yang Dicari oleh HRD pada Fresh Graduate

Armand IS
Tidak Hanya IPK, Berikut 5 Hal yang Dicari oleh HRD pada Fresh Graduate
Ilustrasi Wawancara Kerja (pexels.com/Gustavo Fring)

IPK menjadi salah satu penentu prestasi seorang mahasiswa, namun saat masuk ke dunia kerja, kita dituntut untuk memiliki beberapa hal ini supaya dilirik oleh HRD.

Suara.com - Lulus dengan IPK tinggi adalah impian bagi semua mahasiswa, karena IPK menjadi salah satu penanda keberhasilan seorang mahasiswa saat kuliah. Namun beberapa dari mahasiswa yang memiliki IPK tinggi tidak membekali dirinya dengan kemampuan lain untuk dapat terjun ke dunia kerja, sehingga saat mereka mencari pekerjaan, mereka tidak dilirik oleh HRD.

Berikut 5 hal yang bisa kamu siapkan sebagai mahasiswa agar bisa memikat HRD.

1. Pengalaman Organisasi 

Seorang mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mengejar prestasi akademik saja, melainkan mereka juga dituntut untuk terjun ke dalam organisasi. Melalui organisasi, mereka dapat belajar bagaimana networking dan bekerja sama dalam sebuah kelompok besar baik itu berupa unit kegiatan mahasiswa, kepanitiaan, maupun kegiatan volunteer.

HRD akan melihat rekam jejak organisasi fresh graduate melalui CV mereka, jadi baiknya bagi kalian yang masih memiliki kesempatan mulailah untuk aktif terjun dalam organisasi.

2. Kemampuan Bekerja dalam Tim dan Komunikasi

Tentu, HRD  berekspektasi kepada calon karyawan untuk dapat bekerja dalam tim. Kemampuan bekerja sama dalam tim juga harus didukung dengan skill komunikasi yang baik, dapat dibuktikan melalui bagaimana seorang calon karyawan merespons panggilan HRD untuk wawancara, dan sekaligus melalui wawancara itu sendiri. Maka, percaya dirilah saat wawancara! 

3. Kedisiplinan dan Etos Kerja

Pekerja yang baik adalah pekerja yang disiplin, menghargai waktu, dan memiliki etos kerja yang baik. HRD melihat ketiga hal tersebut mulai dari ketepatan waktu seorang calon karyawan saat datang ke wawancara kerja, dan saat mereka mengirim dokumen prasyarat calon karyawan tepat waktu.

Etos kerja dapat dilihat dari bagaimana bahasa seorang calon karyawan saat menghubungi HRD. Jadi, mulailah belajar etika komunikasi yang baik!

4. Penampilan dan Karisma

Pekerja yang baik juga dituntut untuk tampil profesional. Usahakan saat kita datang wawancara untuk selalu rapi dalam berpenampilan. Setidaknya supaya kita memberikan kesan pertama yang baik, jangan lupa memakai minyak wangi secukupnya untuk menghilangkan bau badan yang mengganggu.

5. Kemampuan Mengoperasikan Aplikasi Office

Jangan kaget jika syarat untuk mendaftar kerja salah satunya adalah mampu menggunakan program office. Perusahaan umumnya tidak menyediakan training di hal ini, seorang calon karyawan diharapkan bisa menulis dokumen seperti spreadsheet. Kemampuan ini juga dapat kita pelajari saat kuliah, jadi belum ada kata terlambat untuk belajar.


Nah, itulah 5 hal yang dicari oleh HRD saat menilai seorang fresh graduate apakah layak mereka hire atau tidak. Jadi, bagi kamu yang masih kuliah, bisa kamu persiapkan sejak sekarang!