alexametrics

Anak Tidak Suka Makan Buah dan Sayur? Jangan Dimarahi, Lakukan 7 Tips Ini

Shinta Ci
Anak Tidak Suka Makan Buah dan Sayur? Jangan Dimarahi, Lakukan 7 Tips Ini
Potret Anak Tidak Suka Makan Buah & Sayur. (Freepik/@a3pfamily)

Memastikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik merupakan momen-momen yang membahagiakan sekaligus sebuah tantangan bagi orangtua. Terutama karena selama masa pertumbuhan anak-anak cenderung tidak menyukai sayuran dan buah-buahan yang sangat penting untuk tubuhnya.

Tentu kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan. Pertumbuhan anak bisa tidak optimal karena mereka tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur. Apalagi sebagian besar nutrisi dan kebutuhan untuk pertumbuhan mereka berasal dari sayur dan buah-buahan yang mengandung serat, vitamin, mineral, zink, dan protein.

Kalau anak-anak sudah menolak memakan buah dan sayuran, ada baiknya jangan langsung memaksa anak untuk memakannya. Itu hanya akan membuat anak tambah tidak suka bahkan membenci sayur dan buah. Daripada memaksa anak, lebih baik lakukan 7 tips berikut:

1. Makan sayur dan buah langsung di hadapannya. Tunjukkan pada mereka bahwa orang tua juga menyukai sayuran. Jadilah panutan yang baik untuk mereka.

2. Biasakan sayuran dan buah-buahan menjadi makanan harian anak. Setidaknya harus ada satu menu sayuran saat makan siang dan juga saat makan malam. Orang tua bisa menyiasatinya dengan menghidangkan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan warna-warni yang bisa dikreasikan semenarik mungkin di piring mereka.

3. Jangan langsung menyuruh anak untuk langsung menghabiskan buah dan sayuran mereka. Suruh mereka mencoba tiga gigitan terlebih dahulu. Terkadang perlu waktu lama bagi indra perasa untuk mulai menyukai makanan.

4. Sembunyikan sayuran dalam smoothie. Jika sebagai orangtua sudah benar-benar tidak bisa membuat anak memakan sayur dan buah-buah lagi, coba masukkan sayur dan buah-buahan tersebut ke dalam smoothie.

5. Sembunyikan sayuran dalam sup yang enak. Anak-anak pasti akan menyukainya.

6. Jangan memarahi anak jika buah dan sayurannya tidak habis. Itu justru akan membuat mereka semakin tidak suka memakan buah dan sayur.

7. Jangan lupa untuk memberi anak pujian dan hadiah kecil ketika mereka berhasil menghabiskan buah dan sayurannya.

Itulah 7 tips agar anak suka makan sayur dan buah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak