facebook

5 Kiat Bisa Jadi Cewek Kuat di Tengah Gempuran Masalah Hidup, Terapkan!

Latifah
5 Kiat Bisa Jadi Cewek Kuat di Tengah Gempuran Masalah Hidup, Terapkan!
Ilustrasi wanita kuat (freepik.com/nakaridore)

Masalah dalam hidup memang datang silih berganti. Kalau tak disikapi dengan tepat, masalah bisa bikin stres hingga depresi.

Nah, buat kamu para perempuan, yang ingin menjadi sosok cewek kuat dan tahan tempaan dari berbagai ujian, berikut ini kiat yang bisa kamu lakukan. Yuk, disimak!

1. Tak perlu menyalahkan keadaan

Akan sangat mudah untuk menyalahkan keadaan ketika kamu berada di situasi sulit. Namun, kebiasaan mengutuk situasi ini bisa berdampak buruk bagi mentalmu. Mentalmu jadi lemah, tak kuat dengan cobaan.

Setiap kali menemukan masalah, cobalah untuk berpikir, bahwa kamu tak sendirian. Setiap orang pun punya masalah. Dan yakinlah, setiap masalah itu pasti ada jalan keluarnya. Jadi, fokuskan saja pada mencari solusinya.

2. Jangan berlama-lama dalam kondisi terpuruk

Menangis, bersedih, marah, kecewa, sah-sah saja kamu rasakan ketika mendapati situasi tak seperti yang kamu inginkan. Asalkan, jangan kelamaan di kondisi terpuruknya. Latih diri untuk bisa bangkit kembali setelah badai yang kamu alami. Kamu bisa kembali melongok nasihat dari para motivator untuk sekadar mengingatkanmu kembali, bahwa kamu itu kuat.

3. Biasakan membuat goals dari terkecil dahulu

Yang sering membuat orang jadi mengabaikan goals yang telah mereka buat, adalah terlalu ambisius. Karena sedang begitu bersemangat, disusunlah goals yang besar. Ketika ternyata belum kelihatan juga hasilnya, karena memang goals itu butuh waktu tak sebentar, akhirnya teklok. Gak semangat lagi, dan ujung-ujungnya masa bodo terhadap goals itu.

Cobalah berlatih membuat goals yang kecil. Beri apresiasi diri setiap kali goals yang kecil itu berhasil kamu capai. Tanpa kamu sadari, nanti juga goals yang besar itu berhasil kamu raih, asalkan konsisten!

4. Renungkan apa yang kamu inginkan

Setiap orang punya keinginannya sendiri. Supaya kamu bisa terus berenergi mengejar impianmu, pastikan dulu kalau itu memang yang benar-benar kamu inginkan. Bukan mengejar impian orang lain, misalnya keinginan orangtua.

5. Berbaik hati pada diri sendiri

Kalau kamu gagal, kamu salah, kamu ceroboh, jangan terlalu keras menghukum dirimu sendiri. Cobalah berbaik hati pada diri sendiri, dengan menerima segala kekuranganmu itu, untuk nantinya kamu perbaiki. Mengutuk diri sendiri, hanya akan meruntuhkan rasa percaya dirimu saja, lho!

Itu dia beberapa tips untuk membuatmu jadi perempuan yang kuat di tengah gempuran berbagai masalah dalam hidup ini. Ada yang ingin menambahkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak