alexametrics

Agar Lingkungan Kerja Nyaman, Ini Tips Jalin Pertemanan Sehat di Kantor

Latifah
Agar Lingkungan Kerja Nyaman, Ini Tips Jalin Pertemanan Sehat di Kantor
Ilustrasi Karyawan (pexels.com/@fauxels)

Coba deh, berusaha untuk bersikap positif!

Suara.com - Betah tidak betahnya seorang karyawan di dalam perusahaan, tak hanya ditentukan oleh gaji semata. Tapi lingkungan kerja pun menentukan.

Gaji besar, tapi lingkungan kerja toksik, bisa membuat seseorang tetap memilih resign. Untuk itu, yuk, kita ketahui bagaimana cara menjalin pertemanan yang sehat di kantor, supaya lingkungan kerjamu nyaman. Ini dia tipsnya!

1. Mengalokasikan waktu bersama-sama

Supaya hubunganmu dengan rekan kerja yang lain bisa harmonis, maka penting sekali untuk mengalokasikan waktu melakukan aktivitas bersama-sama. Misalnya, makan siang bareng, atau ngopi cantik sesekali setelah jam kantor.

2. Membicarakan hal lain di luar pekerjaan

Manfaatkan momen-momen kebersamaan kalian, untuk membicarakan hal-hal menarik yang di luar topik pekerjaan. Supaya kalian bisa menyegarkan pikiran, gak melulu mikirin pekerjaan.

3. Berusaha bersikap positif

Orang gak suka dengan tipe yang selalu melihat sesuatu dari kacamata negatif. Atau ada masalah sedikit, selalu mengeluh. Dengan kamu memelihara iklim positif di lingkungan kerjamu, maka teman pun jadi nyaman bersamamu dan ketularan energi positif juga.

4. Jadi pendengar yang baik

Orang yang mampu mendengarkan orang lain dengan seksama, akan selalu membuat orang lain jadi respek. Dan ini penting sekali untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Supaya rekan-rekan kerjamu bisa betah ketika ngobrol denganmu, dan menghormati kamu.

5. Tidak menunda balas email dan telepon

Biasakan untuk membalas email atau mengangkat telepon dengan segera. Jangan menunda-nunda, atau selalu menyuruh orang lain mengangkat telepon. Itu menyebalkan, lho! Dan bisa membuatmu jadi tak disukai rekan kerja yang lain.

Apakah lingkungan kerjamu sudah memberimu kenyamanan? Coba aja, ya diterapkan tips di atas!