alexametrics

Demi Keutuhan Pernikahan, 5 Hal Ini Sebaiknya Jangan Diumbar ke Luar!

Latifah
Demi Keutuhan Pernikahan, 5 Hal Ini Sebaiknya Jangan Diumbar ke Luar!
Ilustrasi Pasangan Kekasih. (pexels.com/@cottonbro)

Pastikan kamu dan pasangan nggak mengumbar hal-hal ini!

Suara.com - Dengan maraknya penggunaan media sosial, ada kebiasaan buruk yang kemudian sering dilihat. Yakni, kebiasaan mengumbar privasi dalam pernikahan yang seyogianya bukan jadi konsumsi publik.

Demi keutuhan pernikahanmu, sebaiknya hindari mengumbar hal-hal berikut ini ke luar. Apa saja itu?

1. Tentang masalah keuangan

Salah satu problem yang sering dialami suami istri adalah perihal keuangan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, di mana banyak yang kehilangan pekerjaan.

Tapi, masalah keuangan ini sebaiknya jangan dijadikan konsumsi publik. Apalagi sampai mengeluhkan pasanganmu yang belum kunjung mendapat pekerjaan.

Alih-alih curhat ke media sosial, akan lebih baik jika kamu dan pasangan rundingkan, jalan keluarnya seperti apa. Apakah jualan dari rumah, atau melamar di posisi yang memang sebenarnya bukan profesimu selama ini, tapi toh bisa memberikan pemasukan.

2. Kehidupan seksual

Nggak perlu beritahu ke publik bagaimana kehidupan seksualmu. Selain tak etis, hal itu juga bisa menodai citramu. Orang akan menganggapmu tipe lebay! Faedahnya apa sih, mengumbar perihal kehidupan di ranjang, selain mencari sensasi semata?

3. Pertengkaran dengan pasangan

Pertengkaran itu bisa terjadi disebabkan adanya masalah. Masalah ini nggak akan selesai hanya dengan curhat ke orang lain, atau malah lebih parah, ke media sosial.

Selesaikanlah dengan pasanganmu. Kalian berdua yang jadi aktor utama di rumah tangga kalian. Dengan mengumbarnya, masalah yang tadinya kecil malah bisa jadi besar, akibat terlalu banyak yang ikut campur.

4. Kekurangan pasangan

Bagaimana perasaanmu kalau kekuranganmu diumbar ke khalayak ramai? Sakit hati, kan? Oleh sebab itu, meski kamu sedang konflik dengan pasangan, tetap jaga aib pasanganmu. Jangan malah membongkarnya. Yang jadi jelek bukan hanya pasanganmu, tapi kamu juga.

Orang jadi berpikir, bahwa kamu tipe orang nggak bisa dipercaya, akibat terbiasa umbar aib orang. Aib pasangan aja dikasih tahu ke mana-mana, apalagi aib orang lain.

5. Hal yang mengganjal di hatimu

Suami yang menaruh handuk sembarangan, atau sering lupa menutup toilet, dan kebiasaan-kebiasaan lain, janganlah kamu umbar ke publik.

Jika memang ada perangai pasanganmu yang mengganjal di hati, bicarakanlah baik-baik. Karena kunci hubungan pernikahan yang awet, terletak pada komunikasi.

Semoga dari uraian di atas, tak ada lagi, ya kebiasaan mengumbar hal privasi pernikahan ke publik. Bisa berakibat buruk bagi rumah tangga soalnya!