alexametrics

Bukan Sayang! Ini 5 Tanda Cemburumu Sudah Berlebihan pada Pasangan

Latifah
Bukan Sayang! Ini 5 Tanda Cemburumu Sudah Berlebihan pada Pasangan
Ilustrasi Pasangan Cemburuan. (pexels.com/@cottonbro)

Kalau ingin pasangan betah berhubungan denganmu, hindari hal ini ya!

Suara.com - Cemburu boleh, berlebihan jangan! Karena hal itu bukan lagi pertanda sayang, melainkan tak adanya kepercayaan pada pasangan. Jika tak segera sadar, bisa membuat pasangan merasa terkekang.

Supaya kamu bisa tahu apakah selama ini kamu telah bersikap cemburu yang berlebihan atau tidak, kenali ciri-cirinya!

1. Menuntut pasangan untuk terus menghabiskan waktu berdua

Salah satu ciri kalau hatimu sudah diliputi cemburu buta, adalah keinginanmu untuk selalu menghabiskan waktu berdua bersama pasangan. Itu bukan romantis, lho!

Apalagi jika sampai memaksa pasangan melakukannya. Padahal, baik kamu maupun dia, punya kegiatan penting lain. Nggak cuma mengurusi soal percintaan saja!

2. Selalu curiga

Jika hatimu selalu dilanda kekhawatiran bahwa pasanganmu akan mendua, atau kamu selalu merasa curiga bila pasanganmu ada main di luaran, itu pertanda kalau rasa cemburumu sudah tak sehat. Karena cemburu itu harusnya berdasar.

Kalau sikap pasanganmu biasa-biasa saja ke lawan jenis, tapi kamu menaruh curiga, tanda kalau sikapmu itu sudah berlebihan.

3. Berusaha mengontrol pasanganmu

Cemburu yang sudah berlebihan, juga bisa dilihat dari sikapmu yang berusaha mengontrol pasangan. Sampai-sampai HP-nya pun kamu ‘jajah’, demi membuktikan bahwa dia tak memiliki affair dengan orang lain. Itu sudah keterlaluan, lho!

4. Menjauhkannya dari teman dan keluarganya

Tanda lain kalau rasa cemburumu sudah berlebihan, adalah kamu berusaha mengasingkan pasanganmu dari orang-orang terdekatnya. Kamu ingin agar dia hanya jadi milikmu seorang, termasuk waktu yang dia miliki, hanya kamu yang punya.

5. Memanipulasi pasangan

Kamu sering memanipulasi pasangan untuk membuatnya menuruti kemauanmu. Memainkan rasa bersalahnya, sehingga ia akan menghabiskan waktunya untukmu. Hati-hati, lho itu perilaku tak sehat!

Memiliki pasangan, bukan berarti kamu menguasai hidupnya. Jika itu yang kamu lakukan, maka pasangan malah jadi muak karena apa-apa selalu diatur olehmu. Jadi, hindari ya!