alexametrics

Tips Hilangkan Bau Kencing Kucing di Sofa dan Ruangan

Novita Edy
Tips Hilangkan Bau Kencing Kucing di Sofa dan Ruangan
Ilustrasi Kucing/TeamK/Pixabay

Walau kucing adalah binatang yang menggemaskan, namun tetap saja kadang bikin sebal karena aroma kencingnya yang menyengat. Apalagi pada kucing jantan yang sering melakukan sprying atau menyemprot sedikit pipisnya ke beberapa bagian rumah termasuk sofa. Aroma sprying itu lebih tajam sebab digunakan sebagai penanda wilayahnya.

Nah, tentu tidak sedap jika sofa rumah terkotori oleh aroma kencing kucing bukan? Namun jangan khawatir sebab ada tips untuk menghilangkan bau pesing itu dari perabot rumah.

Bagaimana caranya? Simak yuk:

Secepatnya

Jangan tunggu sampai pipis itu mengering sebab jika sudah kering akan makin tak sedap baunya. Jika kebetulan terlihat kucing sudah melakukan ritualnya yang bikin kesal itu, segera ambil tisu, koran bekas atau lap kain yang cepat menyerap air. Keringkan area tersebut hingga tuntas. Koran sangat cepat menyerap lembab dan bau tak sedap sehingga bisa juga tinggalkan potongan koran di area tempat kucing kencing itu.

Cairan pembersih yang wangi

Setelah kering dari cairan pipis, basuh area yang tadi jadi tempat pipis dengan cairan pembersih lantai atau cairan pembersih perabot yang wangi. Gunakan kain yang juga menyerap cairan dengan cepat. Bilas beberapa kali hingga aroma tak sedapnya menghilang.

Sofa kulit

Untuk membersihkan sofa kulit atau jok mobil dan motor yang terkena pipis kucing, semprotkan minyak esensial jeruk ditambah sedikit air. Lakukan beberapa kali semprot, dan lap hingga kering.

Baking soda

Baking soda juga bisa menjadi penghilang bau yang kuat. Caranya campur 1 sendok teh baking soda dengan sedikit air, lalu gunakan untuk mengelap atau menyemprot bagian yang kotor.

Kucing biasanya akan mengulangi menyemprot di area yang sama, sehingga waspadai jika ia sudah mulai mendekati tempat tersebut dan mulai mengendus-endus untuk mengenali baunya yang sudah hilang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak