alexametrics

5 Pertanyaan Umum Calon Mertua pada Calon Menantunya, Siap-siap!

Riva Khodijah
5 Pertanyaan Umum Calon Mertua pada Calon Menantunya, Siap-siap!
Ilustrasi ketemu calon mertua (pexels.com/cottonbro)

Saat pacar ingin memperkenalkanmu pada keluarganya, tentu kamu bahagia. Tapi selain bahagia, timbul juga rasa gugup, khawatir nanti calon mertua gak menerimamu.

Nah, biar gak gugup, dan momen perkenalan dengan calon mertua nanti bisa sukses, siapin nih, beberapa pertanyaan yang umum diajukan calon mertua saat bertemu dengan calon menantunya. Apa saja?

1. Aktivitasmu saat ini

Hal pertama yang umum ditanyakan calon mertua padamu adalah mengenai kesibukanmu saat ini. Apakah sedang menjalani studi, atau sedang bekerja. Makanya, kalau saat ini kamu masih menganggur, gerak cepat deh supaya bisa segera dapat pekerjaan. Supaya ketika ditanya mertua, kamu bisa memberi jawaban yang membuat mereka nyaman.

2. Lamanya usia berpacaran

Jenis pertanyaan lain yang juga kerap ditanyakan, adalah mengenai berapa lama kamu sudah berpacaran dengan anaknya. Hal ini untuk mengetahui, apakah kira-kira komitmen dari hubungan kalian sudah teruji.

3. Latar belakang keluargamu

Saat menikah, yang dipersatukan bukan hanya kamu dan dia, melainkan juga keluarga besar. Jadi wajar, kalau calon mertuamu akan menanyakan latar belakang keluargamu. Apakah kedua orangtuamu masih lengkap, aktivitas mereka sekarang ngapain, dan sebagainya.

4. Bagaimana kalian berdua bisa bertemu

Kamu gak usah tersinggung atau merasa kalau calon mertuamu itu kepo banget saat mereka menanyakan bagaimana kalian berdua bertemu. Tentunya, mereka ingin mengenal lebih jauh dengan calon menantunya, sehingga wajar kalau bertanya di mana kalian bisa bertemu.

5. Rencana masa depan

Tentu calon mertuamu sudah banyak makan asam garam kehidupan. Sehingga mereka pasti gak mau melihat anak dan menantunya nanti memilih jalan yang keliru. Karena itu, mereka ingin tahu bagaimana rencana kalian nanti di masa depan. Nantinya akan tinggal di mana, apakah akan memutuskan langsung punya anak atau menunda dulu, nanti istri tetap bekerja atau di rumah, dan sebagainya.

Agar pertanyaan nanti tidak membuat kikuk, usahakan kamu dan pasangan sudah satu suara mengenai hal-hal penting yang nantinya akan kalian lalui, misalnya terkait masa depan. Hal ini bisa mencegah calon mertua terlalu ikut campur. Karena umunya, itu kan yang bikin banyak rumah tangga jadi bermasalah?

Semoga dengan persiapan matang dari pertanyaan-pertanyaan di atas, calon mertuamu yakin bahwa kamulah pasangan terbaik untuk anaknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak