alexametrics

5 Hal Ini Buktikan Kamu sedang Jalani Hubungan Beracun, Cepat Sadar!

Latifah
5 Hal Ini Buktikan Kamu sedang Jalani Hubungan Beracun, Cepat Sadar!
Ilustrasi Pasangan Posesif (freepik)

Banyak orang yang mendambakan punya pasangan dan menjalin asmara dengan orang yang dicintainya. Tapi, nggak semua hubungan bakal sehat dan bikin dirimu bahagia.

Ada pula jenis hubungan cinta yang beracun, sehingga seringnya, bikin kamu jadi tertekan dan menderita. Supaya nggak terjebak berlarut-larut, yuk kenali tanda-tandanya!

1. Dia posesif dan senang mengatur hidupmu

Jangan terbuai dengan kalimat andalannya “semua ini kulakukan karena aku sayang kamu”, sebagai kamuflase dari sifatnya yang posesif. Dengan alasan cinta, ia selalu ingin mengontrol hidupmu. Kamu harus tahu, hal itu merupakan salah satu tanda dari hubungan 'beracun'.

2. Sering memanipulasi perasaanmu

Ciri lain kalau saat ini kamu sedang menjalani hubungan yang beracun, adalah dia selalu melakukan playing victim. Dia yang salah, tapi kepandaiannya memanipulasi perasaan, malah membuatmu yang seolah-olah jadi pihak terdakwa.

3. Memiliki rasa cemburu berlebihan

Jujur saja, kamu suka kalau dia cemburu. Karena memang cemburu bisa menandakan perasaan cinta. Tapi, kalau sudah berlebihan, justru hal tersebut perilaku 'beracun'. Kamu jadi selalu dicurigai olehnya, padahal tak melakukan apa pun yang salah.

4. Melakukan kekerasan, baik verbal maupun non verbal

Jangan toleransi pasangan yang melakukan kekerasan. Baik itu kekerasan fisik, maupun kekerasan verbal, misalnya sering mencela, menghina, atau mengkritikmu. Kekerasan verbal, meski tak berbekas dan membuatmu berdarah, tapi dampaknya tak kalah bahaya. Sikapnya itu akan menggerogoti mentalmu, membuatmu jadi rendah diri dan merasa tak layak untuk dicintai, sehingga menerima saja perlakuan buruknya.

5. Memaksakan standarnya

Ciri hubungan yang sehat, adalah saling menerima diri pasangan apa adanya. Bukan malah memaksakan standar satu pihak. Hal itu sama saja kalau dia bukan mencintai dirimu, melainkan sosok orang lain yang kemudian dipaksakan ke kamu.

Bila sudah ada tanda-tanda di atas, jangan terbujuk rayuan gombalnya. Cepat sadar bahwa sebenarnya hubungan asmaramu itu nggak sehat. Jika kamu terus bersamanya, lama-lama kamu akan jadi orang lain, dan mengikis kebahagiaan dirimu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak