alexametrics

Demi Hidupmu Lebih Damai, Ikuti 5 Tips Menghindari Teman Suka Gosip

Latifah
Demi Hidupmu Lebih Damai, Ikuti 5 Tips Menghindari Teman Suka Gosip
Ilustrasi Pertemanan Para Wanita. (pexels.com/RODNAE Productions)

Hidupmu akan terasa jauh dari damai apabila tiap hari selalu disuguhi dengan drama. Tidak lain karena temanmu hobinya tukang gosip. Entah itu keburukan artis, hingga kejelekan teman sendiri, pasti digunjingkan.

Agar hidupmu bisa lebih bahagia dan tenang, begini cara menghindar dari tipe teman yang suka gosip. Apa saja?

1. Jangan pernah menceritakan rahasiamu padanya

Sudah tahu mulutnya bocor, jangan cari penyakit dengan memberi tahu rahasiamu padanya. Meski dia sudah bilang nggak akan bilang siap-siapa, tapi janjinya jangan dipercaya. Orang yang senang gosip, sangat mudah ‘keselip’ lidah dan membocorkan rahasiamu ke mana-mana.

2. Hindari memberinya ‘bahan bakar’

Karena hobinya menggosip, dia akan senang sekali kalau ada berita tentang aib seseorang. Karena itu, kamu jangan memberinya bahan bakar dengan menceritakan padanya mengenai rahasia atau keburukan orang lain. Pasti bakal menyebar. Dan kalau orang itu dengar, dan dia tahu sumbernya dari kamu, runyam deh hidupmu!

3. Nggak usah percaya dengan kata-katanya

Tukang gosip kata-katanya jangan dipercaya. Karena ia akan melakukan hal apa pun, demi mendapatkan atensi. Salah satunya, membocorkan rahasia.

Jangan pula membuatnya senang dengan memercayai berita gosipnya. Karena umumnya, orang yang hobi menggosip, akan memberi bumbu lebih dari faktanya.

4. Nggak perlu meneruskan gosipnya

Kamu yang waras, harusnya sudah paham kalau dia hobinya menggunjingkan keburukan orang lain. Dan itu, belum tentu sesuai dengan kenyataan. Bisa saja ditambah-tambah yang berujung fitnah.

Karena itu, nggak perlu meneruskan berita gosipnya. Kalau begitu, kamu nggak ada bedanya dengan temanmu yang tukang gosip itu.

5. Menjauh darinya

Supaya hidupnya tenteram, mending nggak usah dekat-dekat dengan dirinya. Nggak akrab, bukan berarti memusuhi, bukan? Karena kalau kamu mentoleransi hobi gosipnya itu, kamu akan selalu diincar sebagai obyek pendengar.

Coba deh terapkan kiat tadi ketika menemukan ada teman yang tukang gosip. Niscaya hidupmu jadi lebih aman dan damai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak