alexametrics

4 Jenis Rasa Takut yang Umum Dirasakan Orangtua, Tentang Sekolah!

Latifah
4 Jenis Rasa Takut yang Umum Dirasakan Orangtua, Tentang Sekolah!
Ilustrasi Keluarga Kecil Bahagia. (freepik.com/prostooleh)

Peran orangtua memang tidaklah ringan. Sebagai orangtua yang baik, tentunya kamu ingin menjadi orangtua yang bisa jadi teladan.

Karena keinginan memberikan yang terbaik pada anak inilah, membuatmu jadi sering dilanda kekhawatiran. Seperti hal berikut ini, yang kerap jadi sumber kekhawatiran banyak orangtua. Apa saja?

1. Khawatir tidak cukup baik memerankan fungsi orangtua

Sangat bisa dimaklumi ketika kamu khawatir menjadi orangtua yang tidak cukup baik bagi buah hati tercinta. Justru hal ini bisa membawa pengaruh positif, karena jadi memotivasimu untuk terus belajar supaya bisa jadi orangtua yang baik. Asalkan, niatmu yang baik ini jangan sampai malah membuatmu jadi orangtua yang kaku karena menuntut kesempurnaan.

2. Apakah anak bisa bertahan dan berprestasi di sekolah

Tentunya sulit, ketika anak masih kecil ke mana-mana selalu kamu menemani, sekarang dia harus mandiri karena sudah memasuki usia sekolah. Timbul kekhawatiran, apakah dia bisa menjalaninya dengan baik, dan apakah bisa jadi anak berprestasi.

Ingat, ya ayah bunda, berprestasi atau tidak, selama anak bisa bahagia menjalani proses belajar mengajar di sekolah, itu sudah cukup. Kalau sudah bahagia, prestasi biasanya akan mengikuti, karena si kecil menjalani sekolah dengan senang hati.

3. Pengaruh lingkungan

Lingkungan memang krusial dalam membentuk karakter anak. Karena itu, ayah bunda berusaha sebisa mungkin mengarahkan pada pergaulan yang baik. Jangan dibebaskan begitu saja, dan jangan pula sampai terlalu dikekang. Yang ada, dia malah jadi pemberontak.

4. Apakah si kecil baik-baik saja

Pastinya tidak mudah berpisah dari si kecil, meski hanya beberapa jam saja. supaya ayah bunda tak dilanda kekhawatiran yang tak perlu, coba persiapkan dengan baik. Misalnya, nomor kontak yang bisa dihubungi di sekolah ketika ada hal tak terduga, dan bekali diri anak dengan pertahanan diri, misalnya nggak boleh ikut dengan orang asing, atau menghubungi nomor darurat ketika ada masalah.

Itu dia beberapa jenis kekhawatiran yang sering dirasakan para orangtua terhadap anaknya. Ada yang ingin menambahkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak