alexametrics

5 Perkara yang Wajib Kamu Diskusikan Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Latifah
5 Perkara yang Wajib Kamu Diskusikan Bersama Pasangan Sebelum Menikah
Ilustrasi pre-wedding (unsplash.com/Jonathan Borba)

Sebelum menikah, umumnya pasangan hanya disibukkan dengan perkara persiapan akad nikah dan resepsi. Padahal, ada yang lebih penting dari itu. Yakni, mengenai bagaimana ketika nanti sudah berumah tangga.

Ada beberapa hal yang mesti kamu diskusikan bersama pasangan, dan perlu diambil kesepakatan sebelum pernikahan. Supaya, gak menimbulkan pertengkaran akibat perbedaan pandangan nantinya. Berikut ini beberapa hal yang patut kamu diskusikan bersama!

1. Terkait me time

Banyak pernikahan yang jadi renggang karena perkara sepele. Yakni, kebosanan dengan rutinitas berumah tangga. Di sinilah pentingnya membicarakan terkait me time. Apalagi, jika kamu dan pasangan punya hobi tersendiri.

Diskusikan bagaimana nantinya supaya hobi kalian tetap berjalan, tapi tidak mengganggu waktu berkumpul bersama keluarga.

2. Rencana punya anak

Gak semua orang ketika sudah menikah, langsung berharap punya anak. Ada pula sebagian yang ingin menikmati dulu masa-masa pacaran setelah pernikahan, baru kemudian memiliki anak. Karena jujur saja, ketika sudah punya momongan, maka waktu gak bisa sebebas ketika belum hadir buah hati. Jadi, supaya nantinya bisa satu suara, bicarakan hal ini sebelum menikah.

3. Cara mengatasi masalah

Dalam berumah tangga, gak cuma berisi momen-momen manis saja. Ada banyak pula rintangan yang bisa jadi pemicu pertengkaran. Karena itu, diskusikan bagaimana biasanya kalian menangani masalah. Ada yang memilih langsung dibicarakan, tapi ada pula yang lebih nyaman memilih waktu sendiri dulu supaya bisa menjernihkan pikiran. Ini penting dibicarakan, supaya gak bikin pasangan jadi salah paham.

4. Persoalan keuangan

Sebelum menikah, mungkin saja kamu punya banyak cicilan. Dan ini ada baiknya juga didiskusikan bersama pasangan. Sehingga, pasangan jadi bisa tahu, berapa alokasi keuangan untuk biaya bulanan, dan sebagainya.

5. Peran dalam rumah tangga

Nah, ini wajib banget kamu diskusikan bersama pasangan. Persoalan pekerjaan rumah tangga ini sering memicu pertengkaran, karena ada pihak yang merasa tidak adil. Seluruh tugas-tugas, hanya dia yang menyelesaikan. Ingat, ya yang namanya rumah tangga itu adalah kerja bersama. Jadi, jangan sampai membebani cuma satu pihak saja.

Dengan mendiskusikan perkara-perkara tadi, maka peluang pertengkaran di rumah tanggamu nanti akan bisa diminimalisir.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak