alexametrics

7 Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Menjadi Content Creator

Murni Oktaviani
7 Aplikasi yang Dibutuhkan untuk Menjadi Content Creator
Ilustrasi Content Creator. (pixabay.com/Lukas Bieri)

Content creator atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan pembuat konten adalah orang yang memproduksi dan mempublikasikan konten berupa gambar, video, suara, atau tulisan ke berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Blog, Tik Tok, dan sebagainya. Untuk menjadi content creator penting untuk bisa menggunakan semua aplikasi downloader atau pengunduh.

Kreativitas memang menjadi kunci utama dalam memproduksi suatu konten, namun alat untuk mengeksekusi ide kreatif tersebut juga tidak kalah penting. Content creator membutuhkan hal-hal terupdate di masyarakat secara langsung atau dari media sosial untuk memproduksi konten yang menarik.

Referensi bisa didapatkan dengan cara download Instagram video, mengikuti trending di Twitter, atau mengobservasi kebiasaan orang-orang di media sosial.

7 rekomendasi aplikasi di bawah ini akan membantu kamu untuk menjadi content creator yang selalu update, kreatif, produktif, dan terorganisir dengan baik. Yuk, simak sampai akhir!

1. Ahasave downloader

AhaSave Video Downloader, sumber: https://ahasave.com/
Gambar: AhaSave Video Downloader, sumber: https://ahasave.com

Membuat konten yang orisinil dan berkualitas merupakan hal yang penting bagi content creator. Namun, sebelum menciptakan karya orisinil kamu perlu melihat karya content creator lain sebagai referensi. Hal ini berguna agar mendapat inspirasi dan menstimulasi kreativitas sehingga kamu bisa menciptakan konten yang berbeda serta lebih kreatif dari content creator lainnya.  

Untuk mengabadikan referensi-referensi para content creator dari beragam media sosial, kamu bisa mengunduh karya-karya mereka menggunakan sebuah aplikasi downloader. Kamu bisa menggunakan Ahasave Downloader merupakan Instagram downloader, Facebook video downloader, Twitter video downloader, bahkan berbagai platform lainnya. Selain dapat mengunduh video, aplikasi ini juga mampu mengunduh konten berformat mp3. Dengan kata lain, kamu bisa mengunduh semua dalam satu aplikasi saja!

2. Inshot

Inshot, sumber: Google Play
Gambar: InShot, sumber: Google Play Store

Kata siapa menjadi content creator itu ribet? Kamu bisa melakukan produksi konten mulai dari merekam, mengedit, lalu mempublikasikannya hanya dengan memanfaatkan smartphone!

Inshot merupakan aplikasi untuk mengedit video musik bahkan vlog yang ukuran videonya bisa disesuaikan dengan platform yang kamu inginkan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik seperti editor tools yang lengkap, filter, efek, musik, teks, emoji, dan sebagainya. Aplikasi video editor ini akan sangat membantumu membuat konten yang unik dan kreatif!

3. Canva

Canva, sumber: Google Play Store
Gambar: Canva, sumber: Google Play Store

Canva merupakan aplikasi editor yang dapat membuat video, desain grafis, dan logo. Kamu bisa membuat konten pada platform media sosialmu, khususnya Instagram lebih menarik dengan kolase foto atau video bertemplate yang sudah disediakan oleh Canva. Kamu juga bisa menyesuaikan ukuran konten yang telah kamu buat di Canva dengan platform tujuanmu.

Canva juga memiliki fitur lainnya seperti stok foto, montase video, musik latar, ilustrasi, bingkai foto, dan sebagainya. Aplikasi sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan berbagai editor tools yang pastinya sangat kamu butuhkan untuk membuat konten!

4. Crello

Crello, sumber: Google Play Store
Gambar: Crello, sumber: Google Play Store

Mirip dengan aplikasi sebelumnya, Crello merupakan editor visual yang dapat mendukungmu untuk berkreasi dalam produksi konten. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat desain animasi untuk postingan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, serta Tumblr.

Crello juga dapat membuat cover dan header untuk Youtube, Blog Facebook, Email, dan sebagainya. Sekarang kamu bisa membuat konten menarik dengan sesuai dengan trend yang ada dengan mudah!

5. Evernote

Evernote, sumber: evernote.com
Gambar: Evernote, sumber: evernote.com

Sebagai content creator, kamu pasti akan disibukkan dengan segudang jadwal mulai dari proses hingga publikasi konten. Agar produktivitasmu sebagai content creator tidak terhambat, kamu memerlukan asisten untuk mengatur segala agendamu.

Evernote merupakan asisten online dan gratis yang bisa kamu andalkan untuk membuat segala aktivitasmu teratur. Evernote dapat melakukan pencatatan, perencanaan proyek, memindai, mendigitalkan, dan mengatur dokumen kertas, kartu nama, papan tulis, catatan tulisan tangan, dan gambar yang kamu butuhkan dalam pembuatan konten. Evernote juga memiliki fitur Web Clipper yang memungkinkan kamu menyimpan dan membuat anotasi halaman web, gambar, dan PDF.

6. Grammarly

Grammarly, sumber: Google Play Store
Gambar: Grammarly, sumber: Google Play Store

Sebagai content creator kamu akan dituntut untuk membuat konten dengan berbagai standar yang diberlakukan pada platform yang kamu gunakan. Misalnya saja, menulis konten dalam sebuah blog. Konten tulisanmu bisa dibatasi atau bahkan dihapus jika terbukti melakukan plagiarisme, padahal belum tentu konten yang kamu tulis merupakan hasil plagiarisme, bukan?

Untuk mencegah masalah di atas kamu bisa menggunakan aplikasi Grammarly.  Grammarly merupakan aplikasi asisten menulis yang bisa kamu gunakan menyunting dan perbaiki tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan lainnya dalam konten yang kamu buat.

Keyboard Grammarly dilengkapi proofreader atau pengoreksi bacaan yang memungkinkan kamu menulis dengan jelas, percaya diri, dan tanpa kesalahan. Fitur menarik lainnya di dalam Grammarly antara lain alat sinonim yang dapat membantu meningkatkan kosakatamu, memeriksa ejaan kata, sehingga membuatmu dapat memproduksi banyak tulisan dari email hingga postingan media sosial.

7. Google Analytics

Google Analytics, sumber: Google Play Store
Gambar: Google Analytics, sumber: Google Play Store

Sebuah konten pasti memiliki dinamika. Terkadang ada konten yang sangat diminati publik, kadang juga ada yang kurang diminati publik. Seorang content creator harus selalu berusaha kreatif jika ingin menjaga konsistensi minat publik terhadap kontennya. Hal tersebut membutuhkan sebuah evaluasi untuk meningkatkan kualitas kontennya di kemudian hari.

Google Analytics merupakan layanan dari Google yang menyediakan analisa konten yang kamu pubilkasikan. Dengan kata lain, kamu bisa memantau trafik kontenmu di mana saja dan kapan saja dengan aplikasi ini.

Google Analytics membantu kamu sebagai content creator mengelola data dapat melacak pengunjung berdasarkan informasi halaman referensi, termasuk mesin pencari, periklanan, jaringan bayar per klik, pemasaran email, dan tautan yang terdapat dalam dokumen PDF. Dengan beragam data statistik yang dimunculkan pada Google Analytics, kamu bisa mengevaluasi dan membuat keputusan untuk memperbarui konten atau menghentikan konten yang telah kamu produksi.

Profesi sebagai content creator bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja dengan mudah menggunakan daftar aplikasi-aplikasi keren dan aman di atas! Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak