alexametrics

Pacaran Tahunan Belum Juga Dilamar? Ini 5 Alasan Cowokmu Itu Masih Ragu

Latifah
Pacaran Tahunan Belum Juga Dilamar? Ini 5 Alasan Cowokmu Itu Masih Ragu
Ilustrasi Pasangan Kekasih. (pexels.com/Toa Heftiba ┼×inca)

Menjalin hubungan pacaran selama bertahun-tahun nggak jadi jaminan bahwa nantinya akan berujung di pelaminan. Sudah banyak buktinya kita saksikan, pacaran sudah tahunan, tapi akhirnya cuma jagain jodoh orang.

Ada beberapa penyebab kenapa meski seorang cowok berpacaran sudah lama, tapi tak kunjung melamar. Berikut ini beberapa alasan yang membuat dirinya masih ragu. Apa saja?

1. Masih ingin menikmati kebebasan

Walaupun sama-sama hubungan yang menuntut komitmen, tapi ada beda besar antara pernikahan dengan pacaran. Janji suci pernikahan, membuat pernikahan lebih ‘serius’ karena melibatkan tanggung jawab yang besar. Apalagi jika nantinya sudah punya keturunan.

Alasan inilah yang membuat cowokmu masih enggan untuk melamar. Karena merasa, kalau sudah menikah nanti, nggak akan bisa sebebas saat ini, ketika kalian berdua belum hidup dalam satu atap.

2. Belum menemukan ‘the one’

Walaupun saat ini kalian sedang pacaran, tapi belum tentu dia menganggap kamu adalah ‘the one’. Ini, yang kemudian menimbulkan keraguan dalam dirinya untuk melamar. Istilah kasarnya, kamu layak jadi pacar, tapi belum terasa klik untuk jadi istri.

3. Pernah mengalami trauma

Rasa enggan dirinya untuk melamar kamu yang selama ini sudah setia jadi pacar, bisa juga disebabkan trauma yang dia alami. Entah karena dulu pernah ditinggalkan oleh kekasih, atau melihat orang-orang terdekatnya yang mengalami kegagalan dalam pernikahan.

Ketakutan inilah yang membuatnya maju mundur untuk melamar. Satu sisi ingin sekali melanjutkan hubungan ke tahap yang serius, tapi di sisi lain ada kekhawatiran jika nantinya pernikahan akan gagal.

4. Restu keluarga

Ini juga alasan yang sering jadi penghambat sebuah hubungan untuk terus dilanjutkan ke jenjang pernikahan. Akibat tak dapat restu keluarga, hubungan pacaran yang kalian jalani jadi jalan di tempat. Tak ada peningkatan ke level yang lebih serius.

5. Fokus pada hal lain

Boleh jadi, bukan karena dia tak menghargai kamu yang selama ini ia cintai sehingga tak kunjung melamar. Tapi karena ia sedang fokus pada hal lain. Sebagai contoh, fokus pada karier atau bisnis, supaya nanti ketika sudah berkeluarga, bisa memberi kehidupan yang layak dan nyaman pada kamu dan anak-anaknya kelak.

Nah, itu dia beberapa hal yang membuat cowokmu belum juga melamar padahal keluargamu sudah sering menanyakan. Coba dikomunikasikan lagi, ya supaya bisa sama-sama tahu bagaimana perasaan masing-masing.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak