alexametrics

5 Ciri Kamu Pribadi yang Matang, Tak Asal Menghujat Orang!

Riva Khodijah
5 Ciri Kamu Pribadi yang Matang, Tak Asal Menghujat Orang!
Ilustrasi Gadis Ceria. (freepik.com/jcomp)

Seseorang dengan kepribadian dewasa atau matang, bisa dilihat dari sikap, perkataan, perbuatannya sehari-hari, atau responsnya terhadap sesuatu. Orang dengan kepribadian yang matang, umumnya disukai, dan hidupnya pun cenderung lebih sukses. Karena mampu menghadapi berbagai masalah dalam hidup dengan bijaksana.

Nah, berikut ini beberapa tanda kalau selama ini kamu termasuk pribadi yang matang. Yuk, dicek ciri-cirinya!

1. Nggak mudah menghujat orang

Ciri pertama dari pribadi yang matang, adalah kamu nggak mudah untuk menghakimi orang lain. Sebagai contoh, ketika mendapat informasi bombastis terkait perilaku buruk seseorang, kamunggak langsung menghujat.

Tapi, dicari tahu dulu kebenaran beritanya. Namanya zaman sekarang, arus informasi begitu cepat dan mudah. Makanya, banyak banget berita hoax. Dan ciri pribadi yang dewasa,nggak gampang kena omongan orang tanpa dibuktikan dengan fakta.

2. Menghargai perbedaan

Menghargai perbedaan ini nggak cuma di mulut aja. Tapi memang dipraktikkan sehari-hari. Misalnya, ketika mendapati teman memiliki pilihan cara pandang politik yang berbeda, kamu menghormati pilihannya itu, dengan nggak mengajaknya berdebat kusir untuk membuktikan bahwa pilihan politikmulah yang benar adanya.

Kamu sadar, kalau tiap orang punya pemikiran yang berbeda-beda, serta cara menyimpulkan yang tidak sama. Jadi, melabeli kelompok berbeda dengan sebutan-sebutan menghinakan, itu paling kamu nggak suka lakukan. Tanda kekanak-kanakan!

3. Kamu berpikiran terbuka

Walaupun kamu bertalenta, dan hampir semua orang mengakui dirimu pintar, tapi tak membuatmu jemawa. Kamu tetap rendah hati. Dan ini kamu tunjukkan dengan sikap berpikiran terbuka. Mau menerima saran dan kritikan dari orang lain.

4. Kamunggak memaksakan cinta

Sekalipun cintamu tulus padanya, tapi kamunggak bisa memaksakan perasaan orang lain. Karena itu, kamunggak mau jadi pecinta yang egois. Sampai menyakiti dan mengganggunya, demi memiliki, dengan mengatasnamakan cinta. Bagimu, jika memang benar-benar cinta, harusnya biarkan dia bahagia dengan pilihannya.

5. Melakukan halnggak berfaedah sudahnggak menarik buatmu

Orang yang dewasa, paham betul bahwa waktu yang mereka miliki itu terbatas dan tak bisa diputar ulang. Makanya, kamunggak sembarangan dalam menghabiskan waktu.

Hal-hal yangnggak berfaedah, sebisa mungkin kamu hindari. Hidup ini rasanya terlalu berharga untuk dihabiskan dalam sebuah kesia-siaan. Mending dimanfaatkan untuk persiapan masa depan yang nyaman. Betul begitu?

Gimana, dari perincian di atas, apakah kamu memiliki tanda-tanda tersebut? Selamat, berarti kamu pribadi yang matang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak