alexametrics

Mau Mulai Investasi di Usia Muda? Yuk Simak Tips Ini Agar Kamu Tidak Gagal

Syafruddin
Mau Mulai Investasi di Usia Muda? Yuk Simak Tips Ini Agar Kamu Tidak Gagal
Ilustrasi investasi. (Pexels/Anna Nekrashevich)

Investasi belakangan ini ramai diperbincangkan. Terlebih bagi mereka yang paham akan literasi keuangan. Sebab investasi apabila berhasil akan mendatangkan keuntungan.

Tidak hanya generasi tua, anak-anak muda pun bisa mulai investasi sejak dini. Investasi sendiri merupakan aktifitas menyimpan dana pada periode yang ditentukan dengan harapan adanya perkembangan atau peningkatan nilai investasi.

Di era modern saat ini, banyak pilihan investasi yang bisa kita pilih. Akan tetapi, harus dilihat secara cermat sepak terjang dari perusahaan yang kita tempati dalam menititipkan dana.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan dalam berinvestasi sebagai berikut:

1. Legalitas

Legalitas sebuah perusahaan sangatlah penting diperhatikan sebelum memulai investasi, Perlu ditengok apakah perusahaan tersebut minimal terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab hal ini bisa memberikan kenyaman dalam menitipkan dana kita ketika terdaftar di lembaga tersebut.

2. Tahun Berdiri

Di dunia investasi, lama berdirinya perusahaan sangat berpengaruh untuk menitipkan dana kita. Sebab dengan melihat perjalanan dan perkembangan usia perusahaan tersebut, kamu bisa melihat sepak terjang berikut permasalahannya.

3. Kantor

Kantor menjadi salah satu sarana atau tempat dalam pengoperasian perusahaan dan juga menunjang dalam melakukan transasaksi serta pembukuan sebuah perusahaan. Kantor sendiri biasa dibagi dua, ada kantor pusat dan ada kantor cabang. Dalam investasi, penting untuk diingat tempat kantor pusat dan cabangnya di mana.

4. Aset

Aset perusahaan menunjang dalam kelangsungan dan pengembangan perusahaan investasi. Jika aset atau modal usaha minim, maka hal ini bisa mempengaruhi perkembangan perusahaan tersebut. Kamu perlu cek berapa modal sendiri dan modal cadangan perusahaan tersebut.

Dari keempat tips itu, kamu bisa kita memulai investasi sejak usia muda. Kehati-hatian itu perlu karena tidak sedikit perusahaan investasi abal-abal atau kerap disebut yakni, investasi bodong. Investasi bodong tentu sangat merugikan pemilik modal.

Lalu, kenapa harus mulai investasi di usia muda? Ada beberapa alasan yang menjadi pilihan dalam memulai berinvestasi, karena investasi memiliki jangka waktu.

Salah satu faktor pertimbangan utama untuk memulai investasi adalah modal atau dana. Kamu harus menyisihkan dana di luar kebutuhan sehari-hari. Jika tidak bisa dalam jumlah besar, tidak masalah, anda hanya perlu mencari jenis investasi untuk dana jumlah kecil.

Dengan berinvestasi, kamu dapat memenuhi tujuan keuangan Anda di masa yang akan datang dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang.

Manfaat berinvestasi sendiri bisa dirasakan ketika dalam waktu menengah maupun lama. Berikut keuntungan investasi yang mungkin akan kamu rasakan.

  1. Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan.
  2. Nilai uang bertambah
  3. Penghasilan bertambah
  4. Menjaga inflasi
  5. Bisa menikmati masa Pensiun

Jangan pernah meragukan kehebatan investasi dan jadikanlah investasi sebagai bagian dari rutinitas. Rajinlah mengalokasikan uang Anda untuk diinvestasikan, karena investasi mampu memberikan keuntungan yang mungkin belum pernah dibayangkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak