alexametrics

5 Kiat Memotivasi Diri Sendiri, Supaya Impian Tak Sekadar Khayalan!

Riva Khodijah
5 Kiat Memotivasi Diri Sendiri, Supaya Impian Tak Sekadar Khayalan!
Ilustrasi Orang Optimis. (freepik.com/look-studio)

Setiap orang punya impian. Ada yang ingin menjadi kaya raya, ada yang ingin berkunjung ke seluruh dunia, ada yang ingin menghajikan orangtua, dan lain-lain. Sebagian orang ada yang berhasil meraihnya, tapi ada pula yang belum juga menemukan titik terangnya.

Memang, menggapai cita-cita bukanlah perkara mudah. Sering kali, kamu harus memaksa dirimu sendiri untuk terus melangkah, melawan hasrat diri untuk berhenti.

Di sinilah pentingnya kemampuan untuk memotivasi diri sendiri. Supaya, upayamu meraih mimpi, nggak mengikuti suasana hati. Kadang semangat, kadang kendor. Begini caranya biar kamu bisa semangat terus!

1. Pastikan selalu berada di lingkungan yang positif

Akan sulit untuk mampu memotivasi diri sendiri, kalau setiap saat kamu bertemunya dengan tipe orang pesimis. Digempur terus-terusan dengan cara pandang negatif, akhirnya semangatmu yang tadinya tinggi, lama-lama jadi menipis.

Makanya, disarankan jaga jarak dengan tipe orang yang selalu melihat segala sesuatu dari sisi buruknya saja. Dekati mereka, yang mampu membangkitkan semangatmu.

2. Jauhkan dari paparan pemberitaan negatif

Nggak semua orang bermental tangguh, semangatnya tetap kencang, meski melihat pemberitaan negatif. Di masa sulit seperti sekarang, ada banyak berita yang bisa membuatmu kesal atau sebal. Itu akan berpengaruh besar, lho bagi suasana hati.

Nah, buat kamu yang merasa gampang terbawa kesal ketika melihat berita-berita negatif, mending puasa dulu deh. Fokuskan saja dulu pada impianmu, sampai tercapai.

3. Jangan langsung menargetkan hal besar

Hal yang sering bikin kamu jadi malas gerak atau enggan mulai, adalah karena menargetkan goals yang terlalu besar. Sah-sah saja memang, untuk memimpikan hal besar.

Akan tetapi, untuk meraihnya harus dimulai dari hal kecil dulu. Ibarat ingin menuju tangga ke-100, tentu kamu mulai dari tangga di bawah dulu, kan. Jadi, mulai saja dulu dari target kecil yang kamu tahu, bisa kamu selesaikan.

4. Beri dirimu reward

Walaupun target yang kamu buat belum besar, tapi untuk meraihnya juga butuh usaha. Untuk itu, berikan dirimu apresiasi, dengan melakukan hal yang membuatmu senang.

Dari situ, bisa membuatmu ‘kecanduan’ untuk terus meningkatkan level targetmu, hingga akhirnya tak terasa, target besar itu pun tercapai juga.

5. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Biar kamu terus semangat, gak perlu lihat rumput tetangga. Cukup bandingkan saja pencapaian kamu kemarin, dengan hari ini. Pastikan progress-mu mengalami perkembangan, yakni hari ini selalu lebih baik dari hari kemarin.

Nah, itu dia beberapa tips untuk memotivasi diri sendiri. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak