alexametrics

Rileks! 5 Aktivitas untuk Menghilangkan Stres Selama Pandemi Covid-19

Rizki
Rileks! 5 Aktivitas untuk Menghilangkan Stres Selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi Seseorang Stres saat Pandemi. (unsplash.com)

Dampak psikologis karena pandemi saat ini memang tidak bisa dipungkiri, berbagai aktivitas di luar rumah memang dibatasi. Tidak dipungkiri keadaan ini membuat psikologis diri terganggu, seperti stres ataupun rasa cemas yang berlebihan.

Maka dari itu, diperlukan aktivitas untuk menenangkan atau mengalihkan pikiran agar tidak terjadi hal buruk tersebut, namun tetap selalu menjaga protokol kesehatan. Simak 5 aktivitas untuk menghilangkan stres selama pandemi Covid-19!

1. Tetap menjaga komunikasi dengan orang terdekat

Pembatasan kegiatan di luar rumah pada masa pandemi ini memang membuat terputusnya komunikasi secara langsung kepada orang terdekat. Hal tersebut membuat rasa kesepian menghampiri.

Jangan dianggap remeh ketika rasa kesepian datang, lantaran kalau dibiarkan berlarut-larut bisa jadi membuat stres. Maka coba hubungi orang terdekat melalui telpon atau video call  secara rutin apabila rasa kesepian melanda.

Orang terdekat akan mewajarkan hal tersebut, karena pasti mereka merasakan hal yang sama dikala pandemi saat ini.

2. Olahraga di rumah

Olahraga ataupun aktivitas fisik sangat dipelukan pada saat pandemi seperti ini, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan respon imun terhadap penyakit. Selain itu, membantu melepaskan hormon endorfin untuk meningkatkan suasana hati dan perasaan bahagia.

Walaupun kegiataan olahraga di luar rumah seperti gym atau lari sebaiknya tidak dianjurkan pada kondisi seperti ini, mungkin bisa olahraga di rumah seperti senam, yoga, ataupun peregangan otot lainnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Mencari ilmu baru

Ketika memiliki waktu luang pada saat pandemi, bisa digunakan untuk mencari ilmu baru agar bisa meningkatkan wawasan dan menambah aktivitas yang bermanfaat. Mungkin bisa mencari informasi seputar bisnis online, belajar design, berlatih menulis artikel atau novel, dan lainnya.

Menambah ilmu tentu saja bisa mengalihkan stres karena pandemi saat ini, dan juga bisa meningkatkan produktivitas diri yang bisa meningkatkan skill.

4. Bercocok tanam

Bercocok tanam menjadi tren baru di masa pandemi saat ini, di setiap rumah-rumah mulai banyak yang aktif bercocok tanam ataupun membeli tanaman hias.

Menggunakan lahan kecil atau besar yang ada di rumah sudah cukup untuk mulai bercocok tanam. Selain menambah suasana asri di pekarangan rumah, tentu saja bisa membuat rileks pikiran sehingga menghilangkan stres pada masa pandemi saat ini.

Untuk kebutuhan bercocok tanam, saat ini sudah banyak toko online yang menjual berbagai alat berkebun, bibit, dan tanaman hias sehingga tidak perlu lagi keluar rumah dan tetap menjaga protokol kesehatan.

5. Menjaga pola makan dan tidur teratur

Ketika kegiatanmu padat dan memakan waktu di pandemi saat ini, selalu menjaga pola makan dan tepat waktu. utamakan mengkonsumsi makanan sehat agar tubuh selalu bertenaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus.  

Luangkan untuk istirahat yang cukup agar tetap bisa menjalani berbagai aktivitas secara normal dan jangan sampai waktu tidur yang berantakan, karena waktu tidur yang cukup membantu tubuh menjadi lebih sehat.

Mengkonsumsi makanan sehat dan juga mengatur waktu tidur secara teratur, tentu meningkatkan efektivitas kerja yang baik sehingga terhindar stres yang berlebih pada pandemi saat ini.

Berdasarkan tips di atas, apabila ingin menerima manfaatnya semua tergantung dirimu sendiri agar bisa mengelola stres dan kecemasan berlebih pada masa pandemi.

Pilihlah aktivitas yang bisa meningkatkan produktivitas yang tinggi untuk menghilangkan penat, tapi tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak