alexametrics

5 Kesalahan dalam Menabung yang Bikin Kamu Gak Kaya-kaya

Latifah
5 Kesalahan dalam Menabung yang Bikin Kamu Gak Kaya-kaya
Ilustrasi dompet (pexels.com/RobertBogdan).

Ada banyak tujuan menabung. Bisa untuk dana darurat, menabung yang disengaja untuk membeli sesuatu, atau menabung untuk nantinya diinvestasikan atau sebagai modal usaha.

Semuanya itu, selain supaya kondisi finansialmu aman, juga demi tercapainya cita-cita jadi kaya. Benar?

Nah, agar cita-citamu tercapai, hindari kesalahan menabung yang justru membuat jumlah tabungan gak bertambah, alias segitu-gitu aja terus. Ini dia beberapa kesalahan itu.

1. Tak ada tujuan

Kesalahan pertama dalam menabung yaitu gak ada tujuannya. Apakah kamu ingin menabung untuk dana darurat, atau menabung demi bisa suatu saat jalan-jalan ke luar negeri.

Kalau tujuannya untuk dana darurat, tentu kamu wajib disiplin dan gak boleh sama sekali ditarik, kecuali jika sudah ada kondisi darurat. Karena memang itu, tujuannya.

Sementara kalau tujuan lain, misalnya ingin jalan-jalan ke luar negeri, maka alokasinya harus terpisah dari alokasi tabungan dana darurat. Karena tujuan menabungmu ini, untuk bersenang-senang.

2. Tidak membuat anggaran

Biasakan ketika menabung, sudah dibuat anggaran sebelumnya. Jadi, bukan menunggu ada sisa uang dulu, baru ditabung. Kalau seperti itu, tabunganmu gak akan bertambah. Karena selalu digunakan untuk kepentingan lain yang lebih menyenangkan, misalnya untuk belanja saat ada diskon besar.

3. Kurang konsisten

Lebih baik sedikit tapi konsisten, daripada sekali banyak, tapi jarang-jarang. Untuk menjaga konsistensi dalam menabung, memang kamu harus membuat anggarannya. Sehingga mau ada diskon, kek, anggaran tabungan itu gak bisa diganggu gugat.

4. Merasa harus menabung dalam jumlah besar

Gak ada salahnya punya keinginan menabung dalam jumlah besar. Tapi, harus disesuaikan dengan kemampuan.

Memaksakan diri untuk menabung dengan jumlah besar, tapi harus membuat dirimu menderita, itu malah nggak bagus. Jangan sampai tabunganmu banyak, tapi masuk rumah sakit akibat sering gak makan demi ‘berhemat’. Itu, sih bukan hemat, melainkan menyiksa diri.

5. Nomor rekening dicampur

Hal lain yang juga membuat jumlah tabunganmu tak kunjung bertambah, adalah tidak dibuat terpisah antara rekening buat tabungan, dengan rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Akibatnya, alokasi untuk tabungan jadi sering terpakai.

Hindari kesalahan menabung tadi, supaya cita-citamu menjadi kaya raya bisa segera terlaksana!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak