alexametrics

4 Cara Berbaikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar, Rumah Tangga Tenteram!

Riva Khodijah
4 Cara Berbaikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar, Rumah Tangga Tenteram!
Ilustrasi Pasangan Bertengkar. (freepik.com/cookie-studio)

Namanya menjalin hubungan, baik itu hubungan keluarga, pertemanan, hingga percintaan, pastilah akan ada kemungkinan untuk terjadi pertengkaran.

Selama kamu bisa menyikapinya dengan wajar dan tidak berlebihan, pertengkaran tak akan merusak hubungan.

Nah, berikut ini beberapa tips supaya kamu bisa berbaikan dan mesra kembali dengan pasangan setelah alami pertengkaran. Apa saja?

1. Memiliki komitmen untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada

Ada baiknya saat kalian memutuskan untuk menjalin hubungan asmara, telah dibicarakan sebelumnya bagaimana sikap kalian nanti ketika terjadi konflik. Buat komitmen supaya apa pun masalah yang nanti kalian hadapi, akan diselesaikan secara bersama-sama.

Ini penting sekali, supaya kalian nggak mudah menyerah ketika dihadapkan pada masalah yang mendera hubungan. Dengan adanya komitmen, meski kalian bertengkar, tapi selalu ada harapan bahwa persoalan itu pasti akan selesai, dan tak mengorbankan cinta kalian berdua.

2. Dengarkan pasangan

Saat kamu sedang emosi, akan mudah sekali untuk tergoda mengedepankan ego pribadi. Kamu jadi nggak mau mendengarkan unek-unek pasangan, dan memilih menutup telinga.

Jangan lakukan ini, jika kamu ingin rumah tanggamu selalu tenteram. Karena kalau kamu nggak mau mendengarkan, masalah apa pun tak akan pernah selesai.

Selain bisa membuat masalah cepat selesai, dengan mendengarkan pasangan, meski kamu sedang marah, pasanganmu akan merasa sangat dihargai dan bisa meredakan emosinya.

3. Akui kesalahan

Bila memang pertengkaran yang terjadi disebabkan oleh kesalahan yang kamu lakukan, maka akui. Dan buat janji pada diri sendiri, bahwa ke depannya, kamu nggak akan melakukan kesalahan itu lagi.

Dengan mengakui kesalahan, pasanganmu akan mengerti, bahwa kamu bukanlah tipe orang keras kepala dan mau menang sendiri. Dia akan memahami, bahwa kamu tipe orang yang memiliki kebesaran hati untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan.

4. Sadari, bahwa kalian berdua adalah insan yang berbeda

Akan sulit hubungan percintaan bisa terus langgeng, kalau kamu bersikukuh untuk memaksakan apa yang kamu yakini dan standarmu, ke pasangan. Karena tiap orang punya karakter dan pola pikir yang berbeda. Jadi, akan sangat wajar ketika nanti kamu berselisih paham mengenai hal tertentu.

Kalau ini telah kamu sadari, kamu nggak akan kaget lagi ketika melihat kebiasaan atau cara pandang pasangan yang lain darimu. Ini akan meminimalkan gesekan-gesekan yang bisa memicu pertengkaran.

Coba terapkan langkah tadi ketika kamu bertengkar dengan pasangan. Sehingga, pertengkaran bagi kalian akan jadi sesuatu hal yang biasa saja. Sehingga menyikapinya pun tidak berlebihan.

Jika sudah seperti itu, pertengkaran tak akan sampai membuat salah satu dari kalian ingin berpisah. Lebih gampang berdamai dan bermesraan kembali. Rumah tangga pun jadi damai!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak