alexametrics

Ciri Kamu Belum Menghargai Diri Sendiri, Selalu Mengiyakan Kata Orang

Latifah
Ciri Kamu Belum Menghargai Diri Sendiri, Selalu Mengiyakan Kata Orang
Ilustrasi Pria Tak Bahagia. (unsplash.com/Kevin Quezada)

Sering kali kamu bisa begitu welas asih pada orang lain, tapi giliran pada diri sendiri jadi bertindak terlalu keras. Padahal, sikap menghargai diri sendiri ini penting banget buat kebahagiaan hidupmu.

Dengan mampu menghargai diri sendiri, hidup jadi lebih tenang karena nggak ada yang namanya membanding-bandingkan. Kamu cukup nyaman dengan apa yang telah kamu punya atau raih, meski kalah jauh dari orang lain.

Berikut ini, beberapa ciri bahwa kamu belum menghargai diri sendiri. Apa saja?

1. Bertahan pada hubungan yang tak sehat

Nggak ada gunanya kamu terus bertahan pada hubungan yang hanya terus memberimu derita. Baik itu hubungan pertemanan, percintaan, bahkan keluarga.

Keberanian untuk melepaskan diri dari mereka yang hobinya menyakiti, adalah wujud menghargai diri sendiri. Kamu telah sadar, bahwa setiap orang berhak untuk bahagia. Dan tak bisa dibenarkan sama sekali, apa pun itu alasannya, untuk menginjak-injak atau menyakiti orang lain.

Oleh sebab itu, kalau kamu masih kukuh bertahan dengan hubungan yang toksik, bahkan ketika kamu sudah mendapat perlakuan kekerasan, itu artinya, kamu tak mencintai dirimu.

2. Sering berkata negatif pada diri sendiri

Hal lain yang menjadi tanda kalau kamu belum mampu untuk menghargai diri sendiri, adalah sering sekali berbicara negatif mengenai dirimu. Menuduh dirimu bodoh, nggak punya skill apa-apa, dan sebagainya.

Padahal, kamu nggak akan begitu, kan, ketika berbicara pada orang lain. Lalu, mengapa terhadap dirimu sendiri, yang harusnya kamu cintai pertama kali, justru berbuat zalim.

3. Selalu mengiyakan kata orang

Hati-hati, lho buat kamu yang sering banget merasa nggak enakan. Karena hal itu membuatmu rentan pada mengabaikan kebahagiaan diri sendiri.

Kamu perlu sadar, dasarnya manusia itu egois. Karena itu, berbuat baik pada orang boleh. Asalkan, jangan sampai malah merugikan dirimu sendiri. Sekali-kali, perlu untuk menolak atau mengatakan tidak pada permintaan orang lain. Hal ini supaya kamu tidak dianggap lemah oleh mereka dan malah dimanfaatkan.

Cobalah untuk lebih mencintai dirimu, dan mulailah belajar berkata tidak pada permintaan orang lain yang kamu tahu, sebenarnya hal itu karena mereka ingin enaknya aja. Kalau bukan kamu yang mencintai dirimu, siapa lagi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak