alexametrics

4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Suami Jadi Menjauh, Cepat Sadar!

Latifah
4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Suami Jadi Menjauh, Cepat Sadar!
Ilustrasi pasangan (pexels).

Saat menikah, pasti kamu dan pasangan jadi lebih tahu kebiasaan masing-masing. Ada kebiasaan yang masih bisa ditoleransi. Namun, ada pula yang jika dibiarkan terus tanpa introspeksi, bisa bikin pasangan jadi nggak betah.

Berikut ini beberapa kebiasaan sepele yang ternyata bisa membuat suami jadi menjauh. Kenali apa saja, supaya kamu bisa melakukan evaluasi.

1. Sering berbicara negatif

Bagaimana suami betah untuk mengobrol lama di rumah kalau setiap kali yang keluar dari mulut istri nggak jauh-jauh dari keluhan, kritikan, omelan, dan berbagai bahasa negatif lainnya.

Kamu mungkin capek. Akan tetapi, jangan sampai itu dijadikan alasan atas ketidakmampuanmu mengendalikan diri, atau menjadi pembenaran atas kebiasaan negatifmu itu. Pasalnya, bahasa-bahasa negatif, nggak disukai. Bikin orang pusing. Jadi, perbanyak berbicara yang positif.

2. Saat berargumen, tujuannya menang

Tidak semua orang punya kepiawaian dalam bersilat lidah. Ketika terjadi argumentasi suami istri, harusnya berfokus pada mencari inti masalahnya apa dan solusinya bagaimana. Bukan pada siapa yang menang berargumen.

Kalau pusat perhatiannya menang kalah, suami akhirnya menjadi tidak menang, meskipun sebenarnya dia yang benar. Ini bikin hatinya jadi jengkel.

Fatalnya, masalah yang sebenarnya jadi malah terabaikan. Justru di lain waktu, hal yang sama akan terus terulang.

3. Kurang empati

Saat suami baru pulang, masih capek, sudah komplain berbagai masalah rumah tangga. Bukannya nggak boleh membicarakan masalah yang kamu alami, tetapi perhatikan pula waktunya.

Bisa kan dibicarakan ketika suami sudah sempat istirahat, sehingga menerima informasinyapun lebih tenang. Memaksa suami supaya kamu selalu didengarkan, kapan pun itu, tanpa mempertimbangkan kondisi suami seperti apa, menunjukkan kalau kamu kurang empati.

4. Kebanyakan main gadget

Ini pula yang sering bikin suami naik darah. Terlalu sibuk dengan gadget, sampai urusan rumah tangga terbengkalai. Anak dan suami tak lagi diperhatikan, karena sibuk saling membalas komentar di media sosial.

Kebiasaan ini, tanpa sadar membuat jarak dalam hubungan. Suami sudah nggak dekat lagi secara emosional denganmu. Sebab tiap pulang ke rumah, bukannya bercakap-cakap dengan suami, malah sibuk mantengin gadget.

Jika memang ada poin yang telah diuraikan tadi kamu lakukan, segeralah sadar untuk berbenah diri. Jangan lagi kamu lakukan, karena bisa membuat suami jadi menjauh. Pernikahan jadi taruhan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak