alexametrics

5 Tips Menghemat Uang Belanja Tanpa Sengsara, Rencanakan Menu Makan!

Latifah
5 Tips Menghemat Uang Belanja Tanpa Sengsara, Rencanakan Menu Makan!
Ilustrasi belanja (pexels/Jack Sparrow).

Hemat pangkal kaya. Pepatah tersebut agaknya tepat, mengingat sebesar apapun penghasilanmu, kalau boros, nggak bakal cukup. Malah-malah akan membuatmu selalu tekor.

Untuk berhemat, kamu nggak harus sengsara sampai jadi kelaparan. Berikut ini beberapa tips menghemat uang belanja, tetapi memakai cara yang masuk akal dan tak perlu sampai menderita.

1. Mencatat pengeluaran

Supaya kamu tahu pos-pos pengeluaranmu selama ini larinya ke mana saja, sebaiknya buat catatan pengeluaran. Dari situ, bisa kelihatan, mana pos-pos yang memang utama, termasuk pemborosan, dan bisa dihemat. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan anggaran bulanan dengan cermat.

2. Buat daftar belanja bulanan

Belanja sekaligus banyak nggak hanya bisa bikin lebih hemat karena umumnya mendapat potongan harga. Namun, bisa juga menghemat waktu, nggak harus bolak-balik belanja.

Biar kamu nggak kalap ketika belanja bulanan, dari rumah persiapkan dulu daftar yang ingin dibeli. Pastikan disiplin membeli barang-barang yang hanya ada dalam daftar. Hindari godaan lapar mata!

3. Buat rencana menu

Memikirkan apa yang akan dimasak hari ini cukup membuat pusing. Nah, untuk menghindarinya, sebaiknya kamu buat rencana menu harian. Jadi, tiap hari kamu sudah siap memasak. Tak perlu pusing-pusing lagi nyari ide.

Adanya menu harian juga bisa membantumu membeli kebutuhan dengan tepat, supaya enggak mubadzir. Kamu jadi tahu, bahan apa butuhnya berapa.Nantinya nggak ada bahan makanan yang terbuang.

4. Manfaatkan belanja online

Saat ini, sudah banyak pilihan belanja online yang menawarkan berbagai diskon menarik. Selain bisa menghemat uang belanja, kamu pun bisa lebih hemat waktu. Pastinya, di masa pandemi seperti sekarang ini, belanja online memberikan alternatif yang lebih aman.

5. Bandingkan harga

Saat belanja online, nggak perlu gengsi untuk membandingkan harga. Pasalnya, kalau kamu jeli, bisa mendapat selisih harga yang lumayan. Meski sekilas selisihnya tampak sedikit, tapi kalau belinya dalam jumlah banyak, lumayan juga

Itu dia beberapa tips menghemat uang belanja bulanan yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak