alexametrics

5 Penyebab yang Membuat Kepribadian Introvet Sulit Diajak Berkomunikasi

Rizki
5 Penyebab yang Membuat Kepribadian Introvet Sulit Diajak Berkomunikasi
Ilustrasi introvert (pexels.com/Keira Burton)

Orang yang introvert cenderung lebih pendiam, lebih senang kesendirian, melakukan perkerjaan sendiri, memendam perasaan, dan kurang membutuhkan interaksi sosial. Selain itu, seorang introvert juga terlihat lebih menyukai suasana tenang sehingga tidak terusik. Apabila menemukan lingkungan yang membuatnya semangat, ia akan lebih berani untuk banyak bicara. Untuk penyebab kepribadian introvert sulit berkomunikasi simak ulasan di bawah ini.

1. Tidak Menyukai Lawan Bicaranya

Memang pada dasarnya orang yang introvert itu kalau sedang berbicara dengan seseorang yang tidak disukai pasti akan sulit diajak komunikasi. Sebaliknya, jika ia sudah menemukan lingkungan yang ia sukai pasti akan jauh lebih nyaman dan akan lebih komunikatif dengan lingkungan itu. Sehingga ia menjadi orang pemilih ketika dalam lingkuangan pertemanannya.

2. Memiliki Sifat Pemalu dan Kurang Percaya Diri

Orang yang introvert sedari kecil memang sudah memiliki sifat seperti itu. Namun lambat laun ia mulai menyadari dengan sendirinya, tentang kepribadiannya ketika sedang berhadapan dengan orang lain. Orang introvert punya cara tersendiri ketika mengungkapkan sesuatu. Sehingga ia akan memiliki cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan lingkuangannya.

3. Sering Tidak Diperhatikan Ketika Berbicara

Orang yang introvert akan menghindar ketika seseorang mengajaknya bicara, jika orang tersebut pernah membuat perasaannya terluka. Sebaiknya ketika kamu memiliki teman sifatnya seperti ini, coba untuk lebih memperhatikannya dan jangan berbicara sesuatu hal yang akan melukai perasaanya, yang ada ia akan menjauhkanmu.

4. Lebih Memilih untuk Diam Jika Obrolan Tidak Diminatinya

Ketika orang yang introvert sedang berkumpul dengan temannya, terkadang ia mengobrol jika topik pembicaraan memang diminati atau ia penasaran tentang hal tersebut. Jika sebaliknya. Ia hanya mendengarkan saja dan terlihat diam ketika sedang bersama temannya. Hal seperti ini akan menyulitkannya dalam hubungan sosial, jika tidak menemukan lingkungan yang cocok untuknya.

5. Selalu Diremehkan

Setiap orang pastinya memiliki kelakuan dan sifat yang berbeda-beda. Namun, saat ini masih banyak orang yang tidak memahami kepribadian orang lain. Ketika dalam sebuah lingkungan pertemanan, orang yang introvert terkadang dipandang sebelah mata dan dihiraukan orang lingkungannya.

Sehingga berdampak kepada psikisnya, ia akan menutup diri dalam pergaulannya. Sebaiknya, jika kamu memiliki teman memiliki kepribadian seperti itu, coba akui keberadaannya dan hargai setiap apa yang ia ucapkan.

Perlu dipahami bahwa orang yang introvert bukannya tidak ingin berbicara, terkadang banyak hal yang membuatnya seperti itu layaknya penjalasan di atas. Maka, tidak baik jika kita menghiraukan keberadaannya sehingga ia akan menutup diri. Coba saling menghargai arti sebuah pertemanan, sehingga saling melengkapi ketika dalam keadaan sulit maupun senang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak