facebook

4 Masalah Sepele yang Bisa Rusak Hubungan Pernikahan, Sering Mengkritik!

Latifah
4 Masalah Sepele yang Bisa Rusak Hubungan Pernikahan, Sering Mengkritik!
Ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/cottonbro).

Realita pernikahan tak selamanya indah. Ada banyak masalah yang kerap melanda, dan bisa rusak hubungan rumah tangga jika tak disikapi secara dewasa.

Nggak selamanya pernikahan itu rusak karena masalah besar. Seringkali, justru persoalan sepele akibat kebiasaan buruk yang dipelihara, ternyata perlahan membuat rasa cinta jadi pudar. Seperti persoalan sepele berikut ini!

1. Ingin selalu menang dalam percekcokan

Namanya juga dua kepala, pastilah pernah berselisih paham dan timbul cekcok. Percekcokan ini nggak akan jadi masalah besar jika kamu dan dia sama-sama bisa menekan ego.

Sumber masalahnya yakni ketika kebiasaan ingin selalu menang. Itu membuatmu ngotot untuk selalu benar, walaupun jelas-jelas keliru. Hal tersebut bikin pasangan jadi sebal.

2. Sering mengkritik

Kritikan akan jadi positif, bila dilakukan dengan tepat. Yakni, memang menyentuh persoalan utama dan penting, serta cara mengkritiknya pun baik-baik.

Namun, jika kritikan itu sudah berlebihan, sampai jadi kebiasaan, berarti ada yang salah denganmu. Bisa jadi, kamu nggak puas dengan pasangan, karena punya ekspektasi lebih sebelumnya. Tak pelak, kamu selalu melihat sisi kurangnya pasangan.

3. Nggak bisa berterus terang

Siapa di sini yang kalau ngambek pada pasangan, bisanya cuma dipendam, atau ngambek dan memberi kode-kode halus? Meski sepele, tapi kebiasaan ini sebaiknya kamu hindari.

Karena kunci suksesnya sebuah hubungan terletak pada komunikasi. Bila kamu tertutup, komunikasi dengan pasangan jadi terhambat. Ia nggak bisa memperbaiki kesalahannya, kalau kamu nggak ngomong langsung, tapi cuma diam.

Sikap demikian seperti menyimpan bara dalam sekam. Sewaktu-waktu, akan terbakar juga. Dan ketika itu terjadi, kondisi rumah tanggamu boleh jadi sudah sekarat.

4. Sering mengungkit kesalahan

Kamu maupun pasangan pasti pernah melakukan kesalahan. Jika memang kamu sudah memutuskan untuk memaafkan, maka jangan diungkit kembali. Kalau begitu, masalahnya nggak akan pernah selesai.

Sikap semacam itu bisa membuat pasangan frustrasi, karena senantiasa dibayangi kesalahan di masa lalu. Padahal, dia sudah menyesali dan berusaha berubah. Akan tetapi, kamu belum move on juga.

Hindari hal-hal di atas dalam berumah tangga. Meskipun cuma persoalan sepele, tapi ketika senantiasa dilakukan, lama-lama bikin rusak pernikahan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak